Home » Aneh & Unik » Serial » Istana-Istana Paling Megah di Dunia

Istana-Istana Paling Megah di Dunia


kastil terbesar di dunia oleh segiempatUntuk menidurkan anak-anak kecil, biasanya digunakan buku-buku cerita yang berbau fiksi tentang istana-istana megah, pangeran-pangeran tampan, dan putri-putri kerajaan cantik untuk merangsang imajinasi dan menyenyakkan tidur mereka dengan mimpi indah. Cerita-cerita tentang kerajaan dengan istana yang indah biasanya disuguhkan untuk anak-anak di luar negeri, terutama di Eropa. Sedangkan sedikit sulit memang untuk menceritakan kerajaan dengan istana yang indah kepada anak-anak di dalam negeri karena istana kerajaan yang terbesar di Indonesia pun nyatanya tidak begitu indah; berdiri di tengah hutan, dijaga oleh prajurit-prajurit bertelanjang dada dan putri-putri yang hanya mengenakan kemben layaknya baru saja mandi di sumur umum. Belum lagi kebanyakan cerita tentang kerajaan kita yang selalu saja ada hubungannya dengan keris dan jin, yang tentu tidak begitu sehat untuk pertumbuhan otak anak di zaman sekarang.

Banyak yang mengira keindahan dan kemegahan istana-istana besar hanya ada di masa lampau. Sebenarnya tidak juga. Walaupun sebagian besar negara di Eropa telah meninggalkan sistem pemerintahan monarki absolut, tapi istana-istana mereka kebanyakan masih dipelihara dengan baik sebagai penghargaan mereka terhadap sejarah.

Ini menarik saya untuk memperlihatkan kepada Anda istana-istana paling megah dan terindah yang pernah berdiri di muka bumi, dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Istana-istana ini tidak seperti istana megah yang digambarkan banyak kartun dan buku cerita dimana hanya terdiri dari satu gerbang besar dan 2 menara (tipikal sekali). Tapi istana-istana ini adalah yang termegah yang ada di dunia, yang saking megahnya bisa membuat istana kepresidenan Indonesia terlihat seperti gubuk derita.

Seri ini adalah seri istana-istana paling megah di dunia.

Istana Hohenzollern di Jerman

kastil Hohenzollern oleh segiempatIstana ini awalnya adalah sebuah benteng besar yang tidak begitu indah karena memang dibangun untuk tujuan pertahanan dalam perang. Benteng ini berdiri setinggi 855 meter dan dibangun di atas Gunung Hohenzollern. Benteng ini terletak sekitar 45 kilomter dari bagian selatan Stuttgart, ibukota negara Baden-Württemberg.

Bangunan ini dulunya adalah rumah bagi keluarga Hohenzollern, yang pada abad pertengahan kemudian menjadi kerajaan Jerman. Bangunan yang kemudian difungsikan sebagai benteng pertahanan ini pernah hancur total pada tahun 1423 karena serangan bertubi-tubi selama 10 bulan lamanya oleh bangsa Swabia. Bangunan ini kemudian didirikan lagi sebagai kastil pada tahun 1454 dan selesai pada tahun 1461. Kastil ini kemudian difungsikan sebagai tempat penampungan pengungsi Katolik dari Swabia selama masa perang.

Sayang sekali, kastil megah ini kehilangan fungsinya pada penghujung aband ke 18 dan beberapa bagian kastil harus dihancurkan. Saat ini bagian-bagian kastil yang masih bertahan utuh adalah chapel-chapel besarnya yang dibangun pada abad pertengahan.

Pembangunan kastil untuk ketiga kalinya dilakukan untuk Frederick William IV dari Prussia pada tahun 1846 yang baru rampung pada tahun 1867. Kastil ini kembali dibangun dan didesain oleh Friederich August Stüler dengan arsitektur berbau English Neo-Gothic untuk mengenang keluarga Hohenzollern yang secara turun-temurun tinggal di tempat tersebut. Saat ini kastil Hohenzollern hanya difungsikan sebagai objek wisata bagi turis dalam dan luar negeri.

Kastil Hohenzollern adalah salah satu kastil tertua di daratan Eropa. Bukan hanya luas dan ukuran bangunannya saja yang membuat para wisatawan tercengang, tapi juga pemandangan puncak gunung yang bisa dinikmati oleh para wisatawan dari menara-menaranya.

kastil Hohenzollern 2 oleh segiempat

Pemandagan kastil Hohenzollern dari gunung-gunung di sekitarnya

Kastil Howard di Inggris

kastil howard oleh segiempatBukan rahasia lagi bahwa Inggris adalah rumah dari kastil-kastil megah. Kerajaan Inggris sangat berpengaruh di berbagai negara di belahan dunia, dan secara tidak langsung itu membuat keluarga-keluarga bangsawan di Inggris memiliki kastil megah dan harta yang tidak akan habis 15 turunan. Kastil Howard misalnya, adalah kediaman pribadi terbesar yang ada di Inggris. Kastil ini terletak 15 mil di bagian utara York, Inggris.

Kastil megah ini telah menjadi rumah bagi keluarga Howard untuk 300 tahun lamanya, dan merupakan salah satu kastil terbesar di Inggris. Jika dikonversi ke dalam meter persegi, kastil Howard memiliki luas 52611000 meter persegi . Dengan bangunan seluas itu, terdapat 145 ruangan di kastil Howard yang cukup menjadi tragedi bagi mereka yang bekerja sebagai cleaning service di sana.

Saking luasnya, kastil Howard memiliki beberapa jalur kereta sendiri sebagai alat transportasi ke bagian-bagian bangunan tertentu. Jika Anda tinggal di rumah seluas ini, jangan sampai Anda lupa membawa kunci mobil saat sudah berada di garasi. Karena pekarangan dan taman kastilnya saja sudah mencapai 514000 meter persegi. Ini sudah lebih dari cukup untuk membuat Anda terserang stroke karena bolak-balik.

Batu pertama kastil Howard diletakkan pertama kali pada 1699, dan masa pembangunannya berlangsung selama hampir 15 tahun lamanya. Bangunan ini sebenarnya tidak dikategorikan kastil. Tapi pada masa pembangunanya, bangunan sebesar kastil Howard yang tidak difungsikan untuk kemiliteran digolongkan kastil oleh masyarakat Inggris pada saat itu. Kini kastil Howard di golongkan dalam kelompok bangunan bersejarah di Inggris yang dipelihara langsung oleh pemerintah Inggris.

Kastil Howard kemudian dibuka untuk umum pada tahun 1956. Pada tahun 2010, tercatat setidaknya 220.000 wisatawan berkunjung ke kastil Howard ini.

kastil howard 2 oleh segiempat

Kastil Segovia di Spanyol

kastil Segovia oleh segiempatBagi Anda yang berencana untuk berlibur ke Eropa, jangan lupa untuk menginjakkan kaki di Spanyol. Spanyol terkenal sebagai bangsa yang memiliki penghargaan tinggi terhadap sejarah. Ini terbukti dari arsitektur bangunan-bangunannya yang masih banyak mengadopsi desain zaman-zaman pertengahan. Ini tidak kemudian membuat kota-kota mereka terlihat kuno, tapi lebih kepada ‘indah ala klasik’.

Pemerintah mereka juga memperhatikan pembudidayaan peninggalan-peninggalan bersejarah mereka, mulai dari prasasti-prasasti hingga bangunan-bangunan yang sudah berdiri sejak abad pertengahan. Salah satu bangunan terbesar dan tertua di Spanyol adalah kastil Segovia.

Jika Anda melihat kastil Segovia ini, Anda pasti merasa familiar dengan bentuk bangunannya. Bagaimana tidak, kastil inilah yang menjadi inspirasi Walt Disney dalam menggambarkan kastil. Lihat saja bentuk bangunan dan menara kastil Segovia. Tipikal sekali dengan kastil-kastil yang biasa Anda lihat di film-film kartun Walt Disney yang kemudian banyak juga di adopsi di buku-buku cerita anak.

Kastil Segovia ini awalnya dibangun dengan fungsi sebagai benteng pertahanan untuk bangsa Arab pada awal abad ke-12, dimana pada masa itu kebanyakan benteng di Spanyol memang dibangun oleh bangsa Arab. Pencatatan sejarah yang lebih detail tentang kastil ini dimulai pada tahun 1120, sekitar 32 tahun setelah jatuhnya Spanyol ke tangan pasukan kristen. Tapi menurut data yang dikumpulkan oleh para Arkeolog, benteng ini juga prenah digunakan oleh bangsa Roma sebelum diambil alih oleh bangsa Arab.

Kastil megah Segovia yang Anda lihat saat ini pada awalnya hanyalah sebuah benteng berdinding kayu yang berdiri di atas fondasi yang dibangun oleh pasukan Roma. Kebanyakan bagian dari kastil ini menurut sejarah dibangun oleh Raja Alfonso VIII dan istrinya, dan hasil pembangunan itulah yang membentuk kastil megah Segovia hari ini.

Interior kastil Segovia sendiri adalah bagian yang paling indah di kastil ini. Karena usianya yang sudah cukup tua dan perpindahan tangan dari bangsa-bangsa besar yang berbudaya kuat, interior bangunan ini adalah campuran desain bangsa Arab, bangsa kristen dan juga ada sentuhan latin. Pada sebuah ruangan masih bisa Anda lihat mahkota-mahkota kerajaan yang dulunya dikenakan oleh raja-raja yang berdiam di kastil Segovia, dikelilingi dengan moto-moto latin dan penggalan-penggalan Quran yang menghiasi dindingnya.

Banyak bagian-bagian interior yang rusak parah karena kebarakaran yang terjadi di kastil Segovia pada tahun 1862. Sejak itu hanya sedikit sekali bagian interior asli yang berhasil diperbaiki. Hingga saat ini, kastil Segovia masih menjadi salah satu situs sejarah yang paling populer di Spanyol. Jika suatu hari Anda berencana berlibur ke Spanyol, kastil Segovia adalah salah satu objek wisata yang disarankan.

ruang persenjataan kastil segovia

Ruang persenjataan di kastil Segovia

ruang raja kastil segovia oleh segiempat

Ruangan Raja dan Ratu di kastil Segovia

Tentang Erwin Miradi

Internet marketer, PHP geek, dan seorang gamer sejati. Sebagai Internet Marketer yang sudah bergelut dengan situs dan blog sejak 2006, Erwin Miradi banyak menulis tentang turorial WordPress yang diambil dari pengalamannya sendiri. Untuk membaca profil selengkapnya, klik disini.

Berikan Komentar Anda: