Home » Aneh & Unik » Serial » Bentuk-Bentuk Salam Terunik Dari Berbagai Negara

Bentuk-Bentuk Salam Terunik Dari Berbagai Negara


Salam merupakan suatu bentuk ungkapan rasa hormat dan keramahan yang biasanya akan ditujukan untuk orang lain dalam berbagai acara informal ataupun formal. Namun tahu kah Anda? Ternyata setiap negara memiliki bentuk salam yang berbeda-beda. Bahkan bentuk salam yang sangat berbeda tersebut justru memunculkan suatu identitas baru bagi masing-masing negara. Sehingga bentuk salam tersebut biasa dijadikan sebagai ciri khas bagi masing-masing negara untuk mencitrakan negaranya sendiri dalam festival-festival internasional, saat menjamu turis-turis atau tamu kenegaraan yang datang berkunjung ke masing-masing negara atau ditampilkan dalam pembuatan profil pariwisata negara yang disebarkan melalui berbagai media cetak maupun elektronik.

Dan beberapa negara berikut ini mampu menarik perhatian dunia karena memiliki bentuk-bentuk salam yang sangat unik. Sehingga tak jarang bentuk salam yang telah melekat dalam diri negara-negara berikut ini selalu menjadi tanda pengenal atau ciri khas tersendiri. Nah penasaran kan dengan negara-negara yang memiliki bentuk salam terunik tersebut? Untuk mengetahui daftarnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. India

Foto India Oleh Unik SegiEmpat

Negara asal industri film Bollywood ini sangat dikenal oleh masyarakat dunia karena memiliki bentuk salam yang unik. Masyarakat India kerap mengatupkan kedua tangannya di depan dada sambil mengucapkan kata “Namaste”. Namaste merupakan bentuk penghormatan dan keramahan mereka baik kepada sesama warga India ataupun warga non India yang memiliki arti “Saya menghormati Anda”.

2. Jepang

Foto Jepang Oleh Unik SegiEmpat

Bukan hanya India, namun Jepang juga memiliki bentuk salam yang sangat unik sehingga salah satu macan Asia ini sangat mudah dikenali oleh masyarakat dunia. Warga Jepang selalu membungkukkan tubuhnya ke arah lawan bicara sebelum memulai berbicara baik dalam acara formal maupun informal sebagai salah satu bentuk penghormatan dan keramahan mereka. Bukan hanya itu, warga Jepang juga kerap melakukan “salam khasnya” tersebut untuk menerima tamu-tamu domestik maupun asing.

3. Thailand

Foto Sawadee Ka Oleh Unik SegiEmpat

Negeri Gajah Putih ini juga memiliki cara tersendiri untuk menghormati orang lain. Uniknya, tak semua warga Thailand memiliki cara yang sama untuk mengungkapkan rasa penghormatan dana kerahamannya terhadap orang lain. Para pria Thailand akan memberikan penghormatan kapada orang lain dengan mengatupkan kedua tangannya sembari menyentuh hidung seraya mengucapkan kalimat “Sawadee Krap”. Sedangkan para wanita Thailand akan sdikit menundukkan tubuhnnya dan menekuk lututnya ke bawah dengan mengatupkan kedua tangannya sambil mengucapkan kalimat “Sawadee Ka”.

Foto Salam Thailand Oleh Unik SegiEmpat

4. Uni Emirat Arab

Foto Salam UEA Oleh Unik SegiEmpat

Keunikan salam tak hanya dimiliki oleh negara-negara yang berdiam di dataran Asia. Sebab salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia, Uni Emirat Arab, juga memiliki bentuk salam yang sangat unik. Jadi, warga Uni Emirat Arab akan berciuman hidung ketika bertemu dalam berbagai pertemuan formal maupun informal. Namun jangan salah sangka dulu, sebab Salam ini biasanya dilakukan dengan anggota keluarga atau dengan teman-teman terdekat saja.

5. New Zealand

Foto Hongi Oleh Unik SegiEmpat

Sebagai suku asli yang mendiami dataran New Zealand (Selandia Baru), Maori memiliki andil besar untuk mempengaruhi bentuk salam negara yang beribukota di Wallington tersebut. Salam unik tersebut disebut dengan hongi. Hongi akan dilakukan oleh dua orang yang saling berhadapan. Setelah itu, dua orang tersebut akan menyentuhkan hidung mereka masing-masing lalu menekannya secara bersamaan. Menurut warga New Zealand, hongi dipercaya sebagai media penukar ha atau nafas hidup.

Tentang Nurdina Bestari

Gadis yang friendly, pantang menyerah, dan senang mencoba hal yang baru. Sangat gemar menonton dan shopaholic, namun tetap menerapkan pola hidup hemat. Untuk selengkapnya tentang Nurdina, silahkan baca profilnya disini.

Berikan Komentar Anda: