Seluruh dunia tahu kalau CIA adalah salah satu badan intelijen dunia yang paling terjaga kerahasiaannya dengan berisikan agen-agen kelas wahid. Tapi ternyata meski pada setiap misinya selalu dirahasiakan tidak sedikit proyek-proyek terselubung yang dilakukan secara diam-diam akhirnya bocor ke publik.

Selama ini setiap misi yang dilakukan para agen Central Intelligence Agency yang berbasis di Fairfax, Virginia, Amerika Serikat ini selalu mengundang rasa ingin tahun. Tapi pada akhirnya setelah bertahun-tahun disembunyikan proyek-proyek rahasia tersebut diungkapkan ke publik.

Sepanjang sejarah, ternyata CIA sudah melakukan banyak misi rahasia salah satunya mengenai bom atom yang dijatuhkan semasa perang dunia ke II. Misi apa saja yang akhirnya bocor ke publik? Berikut 5 proyek rahasia CIA yang dibocorkan ke publik.

Proyek Manhattan

7 Proyek Rahasia CIA oleh SegiEmpatProyek ini adalah salah satu misi rahasia CIA yang boleh disebut paling bersejarah, karena misi ini memang sejak awal ditujukan untuk memenangkan perang. Proyek Manhattan dimulai pada 1939, dengan disispkan sejumlah ahli fisika unutk mengukur kekuatan senjata nuklir.

Di pimpin oleh Mayor Jenderal Leslie Groves, proyek Manhattan akhirnya sukses mendesain sejumlah bom dengan daya ledak tinggi. Bom nuklir pertama mulai diuji coba pada 16 Juli 1945 sekitar pukul 5.30 pagi di lapangan tembak Pangkalan Udara Alamogordo, New Meksiko. Ujioba ini dikenal dengan nama ujicoba Trinity, hasilnya sangat memuaskan Leslie. Bagaimana tidak satu bom yang diledakkan setara dengan 15 ribu ton TNT. Hasil ujicoba ini pun diakui sebagai awal mula ide atas dua bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki pada masa perang dunia ke II.

Operasi Penjepit Kerjas (Operation Paperclip)

7 Proyek Rahasia CIA oleh SegiEmpatMungkin proyek ini terdengar cukup unik, karena kalau diartikan dalam bahasa Indonesia memang cukup mengundang tawa. Namun dalam sejarah, proyek rahasia ini adalah salah satu misi paling sukses yang pernah dilakukan CIA.

Dalam perang dunia ke II, Operation Paperclip adalah misi untuk membujuk para ilmuan Nazi agar mau bergabung dengan Amerika Serikat. Tujuannya agar setiap pengetahuan ilmian yang ditemukan tidak jatuh ke Uni Soviet dan juga Jerman. Ternyata misi rahasia ini sukses menghadirkan sejumlah penemuan hebat. Salah satu ilmuan Nazi yang membelot ke AS adalah Wernher von Braun yang ternyata menjadi otak dari misi Apollo.

Proyek Grudge

7 Proyek Rahasia CIA oleh SegiEmpatHampir setiap tahun kemunculan piring terbang atau yang lebih kita kenal dengan nama UFO selalu menampakkan wujud di negeri Paman Sam tersebut. Karena kurangnya bukti dan juga kemajuan teknologi, banyak orang yang lebih percaya kalau UFO itu hanya akal-akalan semata.

Tapi ternyata Amerika Serikat cukup “peduli” akah hal tersebut, dan sejak tahun 1949 CIA mendapat misi untuk mempelajari UFO yang kemudian dikenal dengan nama Grudge Project.

Dipimpin oleh Kapten Edward J. Ruppelt yang jadi direktur proyek Grudge ini ternyata tidak berhasil menemukan bukti-bukti kuat perihal UFO. Hanya saja ada hasil penelitian yang berjalan cukup singkat menemukan sebuah fakta yang cukup menarik. Dalam bukunya Edward justru mengatakan kalau proyek Grudge tersebut dijalankan dengan misi yang sejak awal berbeda. Menurutnya kalau seandainya proyek tersebut dijalankan sesuai standar intelijen mungkin hasilnya akan berbeda. Proyek rahasia ini ternyata melaporkan sejumlah bukti kalau UFO adalah pesawat angkasa hanya saja sampai proyek tersebut ditutup para peneliti dan ilmuan tidak mendapatkan data yang cukup untuk mengungkap asal usulnya. Hal ini bisa saja terjadi, mengingat kita hanyalah salah satu bagian paling kecil dari alam semesta.

Proyek 1974

7 Proyek Rahasia CIA oleh SegiEmpatBadan intelijensi Amerika Serikat sepertinya sejak lama sudah memimpikan akan desain sebuah pesawat supercepat, yang bahkan 100 kali lebih cepat dari jet. Hal ini terbukti dari adanya sebuah proyek rahasia yang diberi nama project 1974.

Proyek yang menjadi salah satu misi paling rahasia CIA ini dimulai pada tahun 1950-an. Sejumlah insinyur disatukan untuk mendesain sebuah pesawat berbentuk cakram. Awalnya misi ini ditujukan untuk menciptakan pesawat terbang dengan kecepatan supersonik alias kecepatan suara. Namun karena masa itu sedang berada dalam masa perang maka pesawat pun ditujukan untuk bisa menembak pesawat pembom milik Uni Soviet.

Sayangnya tahun 1961proyek rahasia ini dihentikan, karena para insinyur menyimpulkan kalau bentuk cakram tidak dapat menunjang aerodinamis bahkan ditakutkan tidak dapat dikendalikan pada kecepatan suara. Padahal dari dokumen yang dirilis CIA pada tahun 2012 lalu proyek ini merencanakan pesawat dengan kecepatan Mach 4 alias 4 kali kecepatan suara.

Proyek MK-ULTRA

7 Proyek Rahasia CIA oleh SegiEmpatDalam film ‘The Bourne Legacy’ kita dipertontonkan akan sebuah proyek rahasia milik angkatan bersenjata Amerika Serikat. Dimana mereka sengaja menciptakan sebuah penemuan mutakhir untuk dapat mendesain pasukan yang punya kemampuan yang lima kali lipat lebih hebat dari pasukan tempur pada umumnya.

Tapi ternyata proyek seperti itu tidak hanya ada dalam film, pada masa perang dingin CIA ternyata sempat menjalankan misi seperti itu. Proyek MK-ULTRA namanya, proyek ini tidak hanya sebuah misi rahasia tapi juga percobaan ilegal terhadap manusia guna menciptakan “calon pembunuh” paling mengerikan dalam perang.

Para peneliti menjalankan penelitian terhadap efek hipnotis pada tubuh manusia yang jadi percobaan, zat-zat biologis hingga obat-obatan tertentu seperti LSD atau barbiturat dengan tujuan untuk merancang sebuah sistem kendali pada pikiran manusia yang akan digunakan sebagai “mesin tempur paling efektif.

Pada akhirnya proyek ini dihentikan pada tahun 1973 oleh direktur CIA kala itu,Richard Helms. Richard juga sekaligus memerintahkan agar dokumen proyek tersebut dimusnahkan.

LEAVE A REPLY