Semua orang tahu bahkan masyarakat dunia pun tahu kalau Indonesia adalah salah satu Negara yang punya sejarah panjang, tidak hanya selama masa penjajahan tapi juga masa kerajaan yang jauh sebelum Belanda datang ke Indonesia.

Hanya saja sayangnya meski Indonesia merupakan salah satu Negara dengan sejarahnya yang panjang, Negara kita tidak mampu menjaga semua peninggalan benda-benda bersejarahnya dengan baik. Bahkan faktanya benda-benda bersejarah tanah air justru dirawat dan disimpan oleh Negara lain.  Setidaknya ada 5 negara yang menyimpan benda bersejarah Indonesia, berikut ulasannya.

Belanda

Negara yang Menyimpan Benda Bersejarah Indonesia oleh SegiEmpatSebagai Negara yang menjajah Indonesia paling lama, Belanda sampai sekarang juga tercatat sebagai Negara yang paling banyak menyimpan benda-benda peninggalan bersejarah tanah air. Seperti arca kerajaan Singasari, arca Ganesha, sampai berbagai prasasti. Semua benda bersejarah tersebut disimpan pada 3 museum yang berbeda di Belanda seperti Tropen Museum, Museum Rotterdam dan juga Leiden National Museum if Ethnology.

Perancis

Negara yang Menyimpan Benda Bersejarah Indonesia oleh SegiEmpatMeski tidak pernah tercatat sebagai Negara yang pernah menjajah Indonesia, tapi Perancis faktanya tercatat sebagai Negara yang menyimpan benda bersejarah tanah air tepatnya di Museum Quai Branly. Di museum ini menyimpan cukup banyak benda bersejarah Indonesia, mulai dari baju suku Asmat, tambur raksasa peninggalan kebudayaan Sumatera sampai sarung asal Jawa Timur abad ke 20.

Jerman

Negara yang Menyimpan Benda Bersejarah Indonesia oleh SegiEmpatMuseum Fur Volkerkunde yang merupakan museum khas dengan koleksinya yang sudah berumur ratusan tahun di Jerman juga ikut menyimpan sejumlah benda yang sangat bersejarah bagi Indonesia. Diantaranya adalah wayang klitik dan juga keris sunggingan yang sangat kesohor dengan desainnya yang indah.

Inggris

Negara yang Menyimpan Benda Bersejarah Indonesia oleh SegiEmpatNegara Ratu Elizabeth ini menjadi Negara ke 4 yang menyimpan benda bersejarah Indonesia, tepatnya di the British Museum yang menjadi museum terbesar yang mengoleksi benda-benda dari Negara bekas jajahannya. Ternyata benda bersejarah tanah air pun ada di dalamnya, bahkan di mesum ini terdapat satu ruang khusus untuk menyimpan benda peninggalan bersejarah asal Indonesia seperti arca Budha dan kepala Budha yang berasal dari Candi Borobudur abad ke 9.

Austria

Negara yang Menyimpan Benda Bersejarah Indonesia oleh SegiEmpatMuseum Wina di Austria juga menjadi salah satu museum paling banyak menyimpan benda bersejarah dari berbagai Negara dan Indonesia pun termasuk salah satunya. Di mesum ini tersimpan keris yang sangat bersejarah untuk Indonesia karena keris tersebut milik Pangeran Diponegoro yang digunakan waktu memberontak pada Belanda. Selain keris masih ada banyak benda bersejarah lainnya yang juga tersimpan seperti kain, patung nenek moyang kita sampai peninggalan suku dari Maluku yang jumlahnya sekitar 1200 benda.

Ada tiga faktor yang membuat benda bersejarah Indonesia berada di Negara lain, pertama karena takut rusak, kedua karena dijarah dan ketiga diambil oleh penjajah atau alasan penelitian. Hal ini sebenarnya sangat miris apalagi benda bersejarah adalah harta yang tidak ternilai untuk Indonesia.

LEAVE A REPLY