Selain dikenal akan keanekaragaman budaya dan juga kekayaan alamnya, Indonesia masih punya satu nama di dunia internasional yaitu Negara yang “kenyang” pengalaman akan penjajahan bangsa asing.

Ya, seperti itulah sejarah bangsa Indonesia, namun disisi lain pejajahan yang bertahun-tahun lamanya melanda tanah air tercinta membuat Indonesia punya banyak pahlawan. Hal ini pun jadi bukti kalau sejak dulu, kita sangat mencintai Indonesia yang penuh dengan keberagaman.

Namun disisi lain, ternyata ada beberapa pahlawan nasional punya nasib yang misterius. Bukan hanya karena tewas dalam peperangan demi kemerdekaan Indonesia, namun pemakaman mereka pun menjadi misteri. Siapa saja dan bagaimana kisahnya? Berikut misteri makam 4 pahlawan nasional tanah air.

Misteri Makam Jenderal Slamet Rijadi

Misteri Makam 4 Pahlawan Nasional oleh SegiEmpatNama Brigadir Jenderal Ignatius Slamet Rijadi tercatat dalam sejarah sebagai salah satu pahlawan nasional yang banyak berjasa bagi Indonesia, khususnya dalam peperangan untuk merebut Maluku.

Semasa hidupnya prajurit kelahiran Surakarta pada 26 Juli 1927 ini sangat terkenal akan kehebatannya. Bahkan selama berbulan-bulan bersama prajuritnya ia berkelanan mengelilingi Ambon. Namun di usia 23 tahun pahlawan nasional ini harus gugur dari pertempuran, ia meninggal dunia karena ditembak saat menjalani operasi. Sayangnya sampai sekarang yang hanya ditemukan hanyalah kisahnya, sementara makamnya masih menjadi misteri yang tidak terpecahkan.

Misteri Makam Laksamana Yos Soedarso

Misteri Makam 4 Pahlawan Nasional oleh SegiEmpatSiapa yang tidak kenal dengan pejuang bernama Komodor Yos Sudarso ini, semasa hidupnya pria yang lahir di Salatiga ini sangat terkenal akan kehebatannya mengawal peperangan di laut lepas.

Sayangnya Laksamana Mayda TNI yosaphat Seodarso ini gugur dalam pertempuran di laut Aur pada 15 Januari 1962. Ia gugur setelah kapal yang dipimpinnya KRI Macan Tutul ditembak oleh kapal HR MS Everstan milik Belanda. Namun makamnya sampai sekarang tidak pernah ditemukan, ada yang bilang kalau beliau gugur bersama kapalnya tapi ada pula yang mengatakan kalau beliau sengaja ditenggelamkan.

Misteri Makan Soeprijadi

Misteri Makam 4 Pahlawan Nasional oleh SegiEmpatSalah satu pahlawan nasional yang terlibat langsung dalam peperangan melawan Belanda dan Jepang adalah Soeprijadi. Semasa hidupnya ia adalah pemimpin PETA, pemimpin pertempuran di Blitar melawan Jepang bahkan pernah menjadi Menteri Keamanan Rakyat pada masa Kabinet Presidensial.

Namun, pada tahun 1945, pria kelahiran Trenggalek ini yang menjadi ujung tombang keamanan rakyat ini justru menghilang secara misterius, yang sampai sekarang makamnya pun tidak pernah ditemukan.

Misteri Makam Dr. Moewardi

Misteri Makam 4 Pahlawan Nasional oleh SegiEmpatIa memang adalah seorang Dokter yang notabene bertugas untuk melayani masyarakat. Namun semasa hidupnya ia adalah salah satu tokoh pahlawan yang terlibat langsung dalam proses kemerdekaan Indonesia.

Dr. Moewardi adalah salah satu tokoh nasional yang banyak berjasa bagi Indonesia, termasuk dalam menumpas PKI. Sayangnya sosok pria kelahiran Pati ini mengalami nasib yang sama dengan Soeprijadi. Dimana dalam perlawanannya ia menghilang secara misterius. Ada yang mengatakan kalau ia tewas dalam peristiwa pemberontakan PKI di Madiun 1948, namun sampai sekarang makamnya tidak pernah ditemukan.

Mereka-mereka inilah yang sangat berjasa bagi bangsa Indonesia, Negara dan tanah yang kini bisa kita nikmati dengan segala kenyamanannya. Haruskah kita mencederai perjuangan mereka dengan menyebarkan kebencian bahkan perpecahan demi kepentingan pribadi dan kelompok? Apakah pribadi dan kelompok kita sudah berjasa bagi bangsa ini? Atau kita hanya ingin memaksakan kehendak kita sendiri demi sebuah keyakinan dan kepercayaan yang belum tentu benar?

LEAVE A REPLY