Home » Aneh & Unik » Sejarah » 5 Orang Terkuat di Dunia yang Pernah Ada Dalam Sejarah

5 Orang Terkuat di Dunia yang Pernah Ada Dalam Sejarah


Masyarakat Eropa pada zaman yang telah berabad-abad silam berlalu, menjadikan sirkus sebagai sebuah hiburan yang sangat dinanti-nanti oleh mereka. Sirkus menjadi pertunjukkan yang menampilkan suatu kunikan, keaneham , keindahan dan ketangkasan dari pemeran-pemeran yang mengisi pertunjukkan tersebut. Terlepas dari agenda sirkus yang seringkali mengkerdilkan orang-orang yang tidak normal (abnormal), sirkus pun mempertunjukkan manusia yang sehat dan kuat.

Ini dia beberapa sosok orang-orang terkuat di dunia yang pernah ada dan masuk dalam sejarah. Ini dia lima orang terkuat yang dimaksud, antara lain :

1. John Holtum – Cannonball King (Raja Meriam, 1845 – 1919)

1. John Holtum oleh SegiEmpat

Pria kuat asal Denmark ini pun memiliki kekuatan yang membuat banyak orang merasa kaget dan takjub saat melihatnya. Bagaimana tidak tembakan meriam yang begitu dekat yang mengarah dan menerpa tubuhnya membuatnya kokoh dan bertahan dari hempasan biji meriam tersebut. Aksi yang sangat berbahaya dari pria ini tentu membuat banyak orang takjub akan kekuatan yang dimilikinya.

Meskipun sangat berisiko dan bahkan telah menghilangkan 3 buah jarinya, Holtum sangat dikenal oleh banyak orang-orang penting dikawasan Eropa kala itu dan kemudian menjadi orang kuat dan sukses di Amerika. Para penonton yang menantangnya dengan imbalan senilai 3.000 franc. tek gentar membuatnya menunjukkan yang menantang maut itu.

2. Angus MacAskill – Giant MacAskill (1825 – 1863)

2. Angus MacAskill oleh SegiEmpat

Pria kuat dan tinggi yang satu ini berasal dari pulau Beneray, Skotlandia, yang kemudian hijrah ke Nova Scotia. Usia 20 tahun sudah cukup membuat dirinya terkenal sebagai orang yang memiliki ukuran tubuh yang besar dengan ukuran 223 cm hingga pada 236 cm pada puncak dari pertumbuhan ukuran tubuhnya dengan bear badan mencapai 580 pon. Ia pun bergabung pada perkumpulan sirkus P.T. Barnum pada tahun 1849 dan kemudian bergabung pada salah satu kempo sirkus besar General Tom Thumb dengan aksi dari kekuatan manusia tinggi besar ini. Pada pertunjukkannya berat jangkar kapal dengan bobot 2800 dan gentong dengan bobot 300 pada tangan kanan dan kiri mampu diangkat olehnya.

Ia pun dengan hormat di undang ke Kastil Windsor oleh Ratu Victoria saat kemampuannya tersebar luas. Kemampuannya yang luar biasa membuatnya dinobatkan oleh sang ratu sebagai manusia terbesar, tertinggi dan terkuat yang pernah masuk dalam kastil dan mempertunjukkan kemampuan yang dimilikinya.

3. Arthur Saxon – Master Beban (1878 – 1921)

3. Arthur Saxon oleh SegiEmpat

Abad ke-19 menjadi masa Arthur Sxon sebagai orang terkuat yang menjadi salah satu pemeran sirkus kala itu. ‘Tekuk tekan’ menjadi keahlian yang membuatnya sangat populer, terlebih saat dirinya berhasil mangangkat beben seberat 370 kg dengan gabungan kekuatan dari otot kaki, tangan dan punggungnya. Kurt dan Hemann adalah saudara yang juga menjadi salah satu bagi dari kelompok sirkus Saxon Trio, dan membuat ketiga bersaudara ini menjelejahi Eropa untuk mempertontonkan kemampuan yang dimilikinya.

Eugene Sandow (pria berotot) yang mencoba ingin meniru akso Saxon Trio kala itu pun tak sanggup untuk mempertujukkan penampilan yang serupa pada salah satu pertunjukan Saxon Trio pada tahun 1898 yang dihadiri olehnya.

4. Pierre Gasnier – Hercules Prancis (1862 – 1923)

4. Pierre Gasnier oleh SegiEmpat

Pria kuat yang lahir di Prancis ini menjadi salah satu manusia yang mampu memberikan pengaruh besar di dunia sirkus kala itu, terlebih yang berhubungan dengan orang-orang terkuat. Ia pun menjadi salah satu anggota pertujukan dari kelompok sirkus Barnum dan Bailey, dengan menyajikan pertujukan memutuskan rantai besi dengan tangan kosong serta merobek tumpukan kartu dengan susunan kartu yang cukup tebal. Banyak orang yang heran dengan ukuran tubuh yang dimilikinya yang tidak setara dengan kemapuannya yang luar biasa. Tinggi 5,2 kaki dan berat badan yang mencapai 143.5 kg namun membuat dirinya mampu mengangkat dumble dengan bobot 260 kg, dimana banyak orang kuat yang memiliki tubuh lebih besar hingga mencapai dua kali lipat darinya tidak mampu melakukan aksi yang ia pertontonkan.

5. Thomas Topham (1702 – 1749)

5. Thomas Topham oleh SegiEmpat

Abad ke-18 menjadi era Topham sebagai sosok pria kuat kelahiran London Inggris yang menguasai daerah Britania. Lempengan besi dengan berat 224 pon mampu dibengkokkan dengan kedua tangan kosongnya. Ia pun mencatat penampilan terbaik pada 28 Mei 1741 dimana tiga drum berisikan air dengan bobot 1386 pon mampu di angkatnya. “A course of Experimental Philosophy’  menjadi buku tulisan Dr.  John Theo Desagulaiers berdasarkan kehidupan dan aksi Thomas Topham yang membuatnya takjub.

Tentang Ardiansyah Arafah

Berikan Komentar Anda: