Hujan adalah salah satu fenomena alam yang wajar terjadi di semua daerah yang ada di dunia. Hujan ini juga sebagian mendatangkan rejeki karena bisa dijadikan sebagai sumber pengairan bagi tanaman dan juga perkebunan dan juga untuk menyediakan air tanah yang berguna bagi ekosistem. Namun hal ini akan menjadi sebuah hal yang cukup menjadi masalah ketika hujan ini datang secara berlebihan membuat sebuah tempat menjadi tempat yang basah setiap saat. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa tempat dengan curah hujan yang tinggi di dunia.

 

1. Kota Tutendo

Foto kota tutendo oleh unik SegiEmpat

Tempat dengan curah hujan yang tinggi yang pertama adalah yang terletak di bagian barat Kolombia yang berada di Amerika Serikat. Ada sebuah kota yang disebut dengan Kota Tutendo yang merupakan sebuah kota dengan julukan sebagai kota terbasah ketiga di dunia. Kota Tutendo ini memiliki curah hujan dalam setahun dengan hitungan 11.770 mm. Hal ini juga bisa dibuktikan bahwa dalam setahun, di Kota Tutendo ini akan datang musim penghujan selama dua kali. Sungguh aneh bukan?

 

2. Kota Mawsynram

Foto mawsynram oleh unik SegiEmpat

Bisa dikatakan diantara tempat yang akan kita bahas kali ini, kota yang satu inilah yang akan menjadi juara dalam kategori tempat yang memiliki curah hujan tertinggi di dunia. Kota yang bernama Kota Mawsynram ini adalah kota yang ada di India khususnya berada di daerah Meghalaya. Kota Mawsynram ini adalah sebuah kota dengan jumlah curah hujan dalam setahun mencapai 11.881 mm dan hal ini bisa meningkat ketika suhu dan cuaca tidak menentu. Meskipun musim hujan hanya datang sekali, namun jangka waktunya lebih lama. Bahkan bisa dicatat curah hujan mencapai 26.000 mm pada tahun 1985 di Kota Mawsynram ini.

 

3. Big Bog

Foto big bog oleh unik SegiEmpat

Kali ini kita akan membahas sebuah tempat yang merupakan sebuah hamparan ladang hijau dan juga pegunungan yang ada di negara Hawaii. Di negara ini, ada pulau yang bernama Pulau Maui yang menjadi pulau terbesar kedua di Hawaii ini sendiri. Di Pulau Maui ini, ada sebuah tempat yang bernama Big Bog yang terkenal di mata wisatawan asing. Hal ini karena Big Bog ini adalah salah satu tempat yang bisa menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan juga hal yang berbeda dari tempat lainnya. Di sisi lain, Big Bog ini juga merupakan sebuah tempat yang sangat basah karena memiliki curah hujan dalam setahun mencapai 10.551 mm.

 

4. Debundscha

Foto debundscha oleh unik SegiEmpat

Tempat berikutnya yang menjadi tempat dengan curah hujan yang tinggi di dunia adalah sebuah tempat yang ada di Kamerun, Afrika. Ya, hal ini tentunya mendatangkan seribu pertanyaan bukan, karena Afrika ini sendiri adalah sebuah negara yang sangat kering dan panas. Namun hal ini tidak berlaku bagi sebuah daerah yang bernama Debundscha ini. Debundscha ini adalah sebuah negara yang berada di kaki gunung yang memiliki curah hujan sekitar 10.299 mm pertahun dan hal ini menjadikan Debundscha ini sebagai salah satu tempat basah dengan curah hujan yang lebat.

LEAVE A REPLY