Rekor Indonesia oleh SegiEmpatSebagai masyarakat Indonesia, kita tentunya bangga dengan status kewarganegaraan kita, apalagi di mata dunia Indonesia dikenal sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia. Namun meski begitu kita juga tidak bisa terlepas dari sisi negatif tanah air tercinta di mata dunia, seperti korupsi atau bahkan sisi negatif lainnya.

Indonesia memang punya keberagaman yang sangat luas, tidak hanya tentang suku, bahasa atau bahkan kepercayaan, tapi kita juga memiliki banyak kekurangan di mata dunia. Memang benar positif dan negatif itu tidak bisa terpisahkan, jadi meski ada sejumlah hal negatif dari Indonesia di mata dunia internasional kita pun masih punya segelintir hal positif, seperti rekor-rekor yang sampai sekarang ini belum ada satu Negara pun yang bisa mematahkannya.

Apa saja rekor Indonesia di dunia internasional yang belum terpecahkan sampai sekarang? Berikut 4 diantaranya.

Rekor Suku dan Bahasa Terbanyak

Indonesia di dunia internasional memiliki rekor sebagai Negara yang memiliki suku terbanyak di dunia. Sampai sekarang Indonesia tercatat punya 740 suku atau etnis dengan jumlah terbanyak berada di Papua yaitu 270 suku.

Selain itu Indonesia juga tercatat dalam rekor sebagai Negara yang memiliki bahasa daerah paling banyak di dunia yaitu 583 bahasa.

Rekor Candi Terbesar

Indonesia sudah sejak lama memegang rekor sebagai Negara Muslim terbesar di dunia sekitar 88 persen atau 216 juta jiwa. Namun bukan berarti kita tidak memiliki agama lainnya, bahkan Indonesia memegang rekor sebagai Negara yang memiliki candi terbesar di dunia yaitu Candi Borobudur dengan panjang lebih dari 1km dan tinggi 42 meter.

Rekor Penghasil Sumber Daya Alam

Selain suku, bahasa dan kepercayaan, Indonesia juga menjadi Negara dengan sumber daya alamnya yang luar biasa. Indonesia tercatat sebagai pemilik rekor penghasil gas alam cair, produsen timah hingga produsen pertanian paling besar di dunia. Tidak hanya itu, Indonesia juga punya rekor sebagai Negara dengan kekayaan terumbu karang paling banyak di seluruh dunia dengan total 18 persen dari seluruh dunia.

Rekor Kekayaan Hewan dan Tumbuhan

Di dunia hewan dan tumbuhan, Indonesia juga punya rekor tersendiri. Selain menjadi Negara yang menyimpan binatang purba yang masih hidup yaitu komodo, Indonesia juga memiliki rekor sebagai tempatnya bunga terbesar di dunia yaitu Rafflesia Arnoldi, Negara dengan primate paling kecil yaitu Tarius Pumilus atau tasier gunung sampai satu-satunya Negara yang pernah ditemukan ular paling panjang di dunia yaitu Python Reticulates sekitar 10 meter.

4 rekor di atas hanya merupakan sebagian kecil rekor-rekor yang dimiliki Indonesia di dunia international dan masih ada ratusan rekor lainnya, well wonderful Indonesia, hehehe.

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY