Peninggalan Tertua Indonesia oleh SegiEmpatSejak lama Indonesia dikenal dengan keberagamannya yang mencakup segala bidang, tidak hanya tentang pariwisatanya saja seperti yang beberapa waktu belakangan ini sempat ramai dibicarakan.

Di jaman dulu Indonesia nyatanya kerap jadi rebutan oleh bangsa-bangsa lain, hal tersebut pula tidak terlepas dari keberagaman berbagai bidang yang ada di tanah air. Selain karena kaya akan sumber daya alam seperti rempah-rempah, Indonesia pun nyatanya memiliki banyak peninggalan bersejarah yang memecahkan rekor sebagai peninggalan tertua yang ada di dunia. Apa saja peninggalan tertua Indonesia yang menghebohkan dunia? Berikut 7 diantaranya.

Lukisan Purba Tertua

Dari hasil penelitian manusia berawal dari kera dalam sebuah teori evolusi yang digagas oleh salah seorang pakar peneliti dunia. Kehidupan kita memang berasal dari era nenek moyang atau lebih tepatnya disebut manusia purba yang sudah hidup jutaan tahun lalu. Hal tersebut pun dibuktikan lewat berbagai penemuan-penemuan benda purbakala yang terdapat diberbagai belahan dunia.

Peninggalan Tertua Indonesia oleh SegiEmpatBeberapa waktu lalu disebut jika lukisan El Castillo yang berada di Spanyol diklaim sebagai lukisan tertua di dunia. Pasalnya dari hasil penelitian, lukisan tersebut dipercaya telah berusia 37 ribu tahun lebih. Tapi hasil penelitian tersebut terbantahkan lewat hasil penelitian uji karbon dari sejumlah pakar arkeolog di tanah air serta peneliti dari dua Universitas ternama di Australia. Karena faktanya lukisan tertua yang jadi peninggalan pra sejarah justru ada di Indonesia. Tepatnya berada di daerah Leang Timpuseng, Maros, Sulawesi Selatan. Dari hasil penelitian lukisan-lukisa purba yang ada di Goa Leang-Leang diketahui sudah berusia 39 ribu tahun lebih.

Seni Cangkang Tertua

Seni cangkang adalah salah satu karya seni tertua yang sampai sekarang masih dilakukan oleh sejumlah seniman dunia. Tapi siapa sangka seni cangkang yang bisa terbuat dari berbagai media tersebut justru berasal dari Indonesia, yaitu dari situs Trinil yang berada di daerah Ngawi, Jawa Timur.

Peninggalan Tertua Indonesia oleh SegiEmpatHal tersebut ditemukan oleh seorang peneliti yang berasal dari Universitas Leiden, Belanda bernama Josephine CA Jordens bersama para rekannya. Dari hasil penelitian seni cangkang yang berbentuk sederhana dengan goresan zig-zag tersebut telah berusia lebih dari 500 ribu tahun yang lalu

Seni Tato Tertua

Tato mungkin dikenal identik dengan kalangan penjahat, tapi nyatanya hal tersebut adalah sebuah karya seni yang sangat indah. Bahkan seni lukis tubuh tersebut sudah dilakukan sejak jutaan tahun lalu.

Peninggalan Tertua Indonesia oleh SegiEmpatPeninggalan Tertua Indonesia oleh SegiEmpatSebelumnya sempat disebut jika seni tato berasal dari seseorang yang berasal dari Mesir atau tepatnya di masa Mumi “the Iceman” hidup. Namun faktanya seni tato tertua yang ada di dunia justru tidak berasal dari Mesir, melainkan berasal dari salah satu suku tertua yang ada di Indonesia yaitu suku Mentawai. Bagi masyarakat suku Mentawai tato tidak hanya menjadi sebuah seni lukis apalagi digunakan untuk penampilan. Tapi sejak era nenek moyang mereka yaitu sekitar 1.500 sampai 500 sebelum masehi tato ibarat sebuah baju yang memiliki makna berbeda disetiap guratannya

Ras Tertua

Sejumlah pakar arkeolog dunia sempat menyebut jika ras paling tua yang ada di dunia berasal dari Ras Afrika, tepatnya berasal dari suku San yang mendiami dataran-dataran kering di Afrika. Tapi Dr. Gustav Heinrich Ralp von Koengingswald yang merupakan seorang pakar geologi dan paleontology justru membantahnya. Gustav justru menyebut jika ras tertua yang ada di dunia berasal dari ras nusantara.

Peninggalan Tertua Indonesia oleh SegiEmpatMenurut Gustav pada dasarnya semua manusia modern yang ada di dunia berasal dari ras nusantara yaitu ras Austronesia yang dulunya mendiami kepulauan besar bernama Dwipantara yang kini bernama Indonesia. Demi menguatkan penelitiannya Gustav menyebut jika Meganthropus Paleonusantaranicus adalah awal mula lahirnya generasi Homo Sapiens dan Hominid yang telah hidup sekitar 4 juta tahun yang lalu. Hal tersebutpun terbukti dari banyaknya penemuan fosil-fosil tertua di Indonesia yang berada di situs Trinil dan Sangiran.

Budaya Tertua

Indonesia punya banyak budaya yang sampai sekarang ini masih dijalani dan salah satunya adalah laying-layang. Siapa sangka, kegiatan bermain yang sering kita lakukan di masa kecil ini justru menjadi salah satu budaya tertua di dunia.

Peninggalan Tertua Indonesia oleh SegiEmpatCina, Jepang dan Mesir sebelumnya memang sempat disebut sebagai cikal bakal laying-layang karena dari hasil penelitian sejumlah pakar sempat ditemukan laying-layang yang diperkirakan sudah berusia lebih dari 2 ribu tahun. Tapi hal tersebut di bantah oleh Wolfgong Bick. Dari hasil penelitiannya Wolfgong justru menyebut jika budaya laying-layang tertua di dunia berasal dari masyarakat pulau Muna, Sulawesi Tenggara. Budaya laying-layang dulunya disebut dengan nama Kaghati Kalope yang sudah ada sejak 4 ribu tahun lalu. Hal tersebut pun terbukti dari penemuan lukisan purba yang berada di goa Sugi Patani, Desa Liangkobori, Pulau Muna.

Suku Tertua

Peninggalan Tertua Indonesia oleh SegiEmpatPeninggalan Tertua Indonesia oleh SegiEmpatDari Sabang sampai Merauke, Indonesia punya berbagai macam suku, dan ternyata salah satu suku di tanah air adalah suku tertua di dunia yaitu suku Kerinci. Hal tersebut telah banyak ditemukan oleh para pakar penelitian dunia, seperti Dr. Bennet Bronson dan timnya tahun 1973 serta Kern di tahun 1889. Hasil penelitian dari kedua pakar kenamaan tersebut menemukan fakta bahwa bahwa suku Kerinci adalah suku tertua di dunia, mereka dipercaya telah hidup lebih dari 10 ribu tahun lalu. Bahkan dalam penelitian Kern, suku Kerinci yang mendiami wilayah Kabupaten Kerinci, Jambi telah ada sekitar 4 ribu tahun sebelum masehi.

Candi Tertua

Dalam sejarah, Piramida yang ada di Mesir disebut sebagai salah satu keajaiban dunia yang sekaligus menjadi piramida tertua di dunia. Tapi Nyatanya piramida tertua di dunia justru ada di Indonesia yaitu berada di Situs Gunung Padang.

Peninggalan Tertua Indonesia oleh SegiEmpatDari hasil penelitian piramida yang berada di Situs Gunung Padang sudah dibangun sejak 20 ribu tahun lalu, sedangkan piramida tertua di Mesir tercatat dibuat sekitar 5 ribu tahun lalu. Piramida yang ada di Situs Gunung Padang disebut didirikan di tengah antara gunung berapi dan berada di atas 885m di atas permukaan laut. Sampai sekarang belum ada satu pakar peneliti yang bisa menemukan bagaimana cara orang-orang terdahulu dalam membangun piramida tersebut.

LEAVE A REPLY