Sudah bukan hal yang baru lagi jika dunia industri adalah salah satu bidang yang bisa memberikan dampak yang negatif yaitu adanya sebuah limbah yang dihasilkan. Hal ini tentu saja membuat adanya sebuah pencemaran entah itu di darat, laut atau udara yang membuat wilayah industri ini biasanya akaa dijauhkan dari pemukiman agar tidak teracuni. Namun diantara pabrik yang berdiri di dunia, ada beberapa yang bisa dikatakan menyumbangkan sebagian besar polusi di dunia. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa pabrik yang menghasilkan pencemaran polusi terbanyak di dunia.

 

1. Pabrik Belchatow

Foto belchatow oleh unik SegiEmpat

Pabrik yang pertama yang menghasilkan pencemaran polusi tebanyak di dunia adalah sebuah pabrik yang bernama Pabrik Belchatow. Pabrik Belchatow ini adalah sebuah pabrik batu bara yang berada di Polandia dan menjadi salah satu pabrik pembangkit tenaga yang berasal dari batu bara terbesar kedua di dunia. Pabrik Belchatow yang berada di Kepulauan Belchatow Polandia ini sengaja dijauhkan dari pemukian Polandia karena setiap tahunnya sekitar 34 ton gas CO2 atau karbondioksida dikeluarkan dan mencemari atmosfer bumi. Hal ini tentu saja menjadi hal yang sangat besar dan serius, namun manfaat yang dirasakan dari Pabrik Belchatow ini sendiri juga sangat banyak.

 

2. Pabrik Gallagher

Foto gallagher oleh unik SegiEmpat

Pabrik yang satu ini adalah sebuah pabrik yang bisa dikatakan paling kotor di dunia. Pabrik yang bernama Pabrik Gallagher ini adalah sebuah pabrik yang terletak di sepanjang Sungai Ohio, Indiana. Pabrik Gallagher ini adalah pabrik yang mengunakan sumber daya batu bara yang kotor yang disimpan di limbah cair yang mengalir di tepi sungai dan juga mengeluarkan udara kaya akan senyawa beracun ke atmosfer bumi. Senyawa ini tak lain adalah karbon diksida dan juga belerang dioksida yang juga menimbulkan bau yang kurang sedang sekitar 50.500-an ton belerang dioksida dikeluarkan setiap tahunnya yang membuat energi di Pabrik Gallagher ini juga menjadi sangat banyak dan memadai.

 

3. Pabrik Agios Dimitrios

Foto agios dimitrios oleh unik SegiEmpat

Terletak di Yunani, salah satu pabrik pembangkit tenaga listrik yang satu ini adalah sebuah pabrik yang sangat unik dan cukup berbahaya, menggunakan bahan baku batu bara untuk menghasilkan energi, bisa dikatakan Pabrik Agios Dimitrios ini adalah pabrik yang paling kotor di Eropa. Pabrik Agios Dimitrios ini adalah pabrik yang bisa menghasilkan energi listrik sekitar 1595 megawatt pertahunnya. Tentunya bisa dibayangkan bukan berapa karbon dioksida dan juga senyawa racun lainnya yang dilepaskan ke atmosfer bumi ini? Tentunya wilayah industri Agios Dimitrios ini juga akan dijauhkan dari hiruk pikuk kota Yunani.

 

4. Pabrik Kraftwerk Niedaraussem

Foto kraftwerk niederaussem oleh unik SegiEmpat

Pabrik berikutnya yang menjadi penghasil pencemaran polusi terbanyak di dunia adalah sebuah pabrik yang didirikan di Bergheim, Jerman. Di negara Jerman ini, ada sebuah pabrik yang bernama Kraftwerk Niedaraussem yang sangat banyak mengeluarkan cemaran karbon dioksida bahkan nilainya menjadi nomer satu di Eropa. Kraftwerk Niedaraussem ini adalah sebuah pabrik yang sangat megah dan mewah dimana bisa menghasilkan sekitar energi listrik 3800 megawat dan menghasilkan 24, 9 ton karbon dioksida. Meskipun setiap tahunnya mengalami emisi atau pengolahan yang efisien yaitu pengurangan sebanyak 20%, namun hal ini masih membuat Kraftwerk Niedaraussem ini menjadi pabrik denga cemaran terbanyak di dunia.

LEAVE A REPLY