Home » Aneh & Unik » Rekor » Negara-Negara yang Pernah Memiliki Suhu Paling Panas Di Dunia

Negara-Negara yang Pernah Memiliki Suhu Paling Panas Di Dunia


Pemanasan global dan berbagai kondisi geofisika yang terjadi di muka bumi tak pelak kerap menimbulkan perubahan cuaca yang sangat tak biasa, salah satunya adalah dengan naiknya suhu permukaan dengan sangat ekstrim. Kenaikan suhu yang drastis tersebut pernah dirasakan oleh penduduk yang mendiami beberapa negara di bawah ini. Berikut kisah lengkapnya.

1. Libya

Foto Libya Oleh Unik SegiEmpat

Salah satu negara yang memiliki suhu paling panas adalah Libya. Negeri asal Moammar Khadafi ini kerap disebut sebagai negara terpanas di dunia karena terletak di dekat garis khatulistiwa. Libya menjadi negara terbesar di urutan keempat dibenua Afrika. Sebagian besar tanah yang terhampar di negeri ini telah ditutupi oleh padang pasir yang begitu tandus dan panas. Bahkan, suhu yang terbaca di ibukota Libya, Tripoli, mencapai angka 30 derajat Celcius saat musim panas tiba. Di Libya, angin sering disebut dengan istilah Ghibli yang mampu menaikkan suhu dari 40 hingga 50 derajat Celcius.

2. Aljazair

Foto Aljazair Oleh Unik SegiEmpat

Negara Timur Tengah yang memiliki suhu terpanas tak hanya Libya. Aljazair, merupakan negara lain yang tercatat memiliki suhu terpanas. Bahkan saat musim dingin tiba, suhunya saja masih berada di atas rata-rata. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa suhu di Aljazair dapat mencapai lebih dari 50 derajat Celcius.

3. Ethiopia

Foto Ethiopia Oleh Unik SegiEmpat

Suhu yang terdapat di Ethiopia sungguh fantasis. Suhunya mencapai 63 derajat Celcius. Dengan suhu setinggi itu, maka tak heran jika Ethiopia didapuk sebagai salah satu punggawa negara dengan suhu paling panas di dunia. Ethiopia memiliki sebuah gurun bernama Danakil Depression yang luas areanya mencapai lebih dari 100 meter di bawah permukaan laut. Gurun tersebut memiliki kondisi yang tak biasa. Ya, di sana Anda dapat menemukan gelombang panas yang tak pernah luput dari tremor bumi.

4. Amerika Serikat

Foto Amerika Serikat Oleh Unik SegiEmpat

Beberapa daerah di Negeri Paman Sam ini memilki suhu yang tak biasa. Suhu tercatat mencapai 48 derajat Celcius saat musim panas menyelimuti beberapa bagian seperti Death Valley dan California. Kedua daerah ini memiliki padang pasir tandus yang rata-rata hujannya hanya mencapai 5 cm/tahun.

5. Arab Saudi

Foto Arab Saudi Oleh Unik SegiEmpat

Arab Saudi pernah mengalami kondisi terpanas pada tahun 2010. Saat itu, wilayah Jeddah mengalami kenaikan suhu yang sangat fantastis, yakni sekitar 52 derajat Celcius. Suhu dan gelombang panas yang muncul tersebut juga disertai dengan badai pasir yang menyebabkan pemerintah Arab Saudi terpaksa harus memadamkan listrik utama yang terletak di 8 pembangkit listrik.

6. India

Foto India Oleh Unik SegiEmpat

Negara lain di Asia yang memiliki suhu terpanas adalah India. Negara yang beribukota di New Delhi ini pernah mengalami bencana gelombang panas yang bahkan mampu menewaskan sedikitnya 1.065 jiwa di India Selatan. Gelombang panas kembali terjadi pada tahun 2010 dan menyebabkan India Barat mengalami kemerosotan ekonomi.

7. Iran

Foto Iran Oleh Unik SegiEmpat

Iran merupakan negara terakhir yang memiliki suhu terpanas. Negara yang dipimpin oleh Mahmoud Ahmadinejad ini memiliki sebuah gurun bernama Luth yang suhunya sangat ekstrim. Bahkan beberapa bagian dari negara ini tercatat pernah mengalami kenaikan suhu hingga 71 derajat Celcius.

Tentang Nurdina Bestari

Gadis yang friendly, pantang menyerah, dan senang mencoba hal yang baru. Sangat gemar menonton dan shopaholic, namun tetap menerapkan pola hidup hemat. Untuk selengkapnya tentang Nurdina, silahkan baca profilnya disini.

Berikan Komentar Anda: