Di era modern sekarang ini ternyata tidak mampu membuat kalangan khususnya masyarakat tanah air melupakan mitos-mitos mengerikan. Meski sejumlah mitos kadang diluar nalar manusia faktanya mitos tersebut masih banyak dipercaya sampai sekarang ini.

Hal ini mungkin mengundang rasa penasaran kita akan benar atau tidaknya mitos tersebut, seperti ke 5 mitos angker Indonesia di bawah ini yang menjadi mitos mengerikan yang sudah sejak lama dipercaya kalangan masyarakat tanah air. Mungkin jika Anda berani Anda bisa mencobanya.

Mitos Menyanyikan Lagu Durma Macapat

Mitos Angker di Indonesia oleh SegiEmpatTembang lagu Durma Macapat atau lingsir wengi merupakan salah satu lagu khas Jawa. Hanya saja lagu ini dipercaya mengandung unsur gaib tersendiri. Mitos yang beredar bait lagu ini konon sangat disuka oleh para dedemit alias makhluk gaib. Jika dinyanyikan konon lagu ini akan membuat para makhluk gaib datang yang lalu meneror yang menyanyikannya. Konon pernah ada seorang wanita yang mencoba dan seperti mitosnya si wanita tersebut diteror oleh hantu kuntilanak berbaju merah dengan wajah mengerikan. Seperti apa liriknya?

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo Tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet

Ada yang berani mencobanya?

Meneteskan Darah Orang Mati dengan Air Jeruk

Di tanah air, darah orang yang sudah meninggal tidak boleh dibiarkan berceceran begitu saja karena menurut mitos darah tersebut bisa mengundang mara bahaya. Salah satu mitosnya adalah dikhawatirkan ada orang yang berbuat iseng untuk meneteskan air jeruk pada darah tersebut sehingga membuat arwah yang meninggal merasa kesakitan dan meneror siapa saja yang lewat di tempat kejadian. Mitos seperti ini mungkin cukup aneh tapi menurut kisah hal tersebut konon bisa terjadi.

Mitos Membawa Telur Ayam Kampung saat Malam di Hutan

Di Kalimantan mitos ini mulai beredar. Setiap orang disarankan supaya tidak membawa telur ayam kampung jika mereka harus melintasi hutan-hutan belantara di malam hari karena konon menurut mitosnya telur ayam kampung bisa mengundang para penjaga gaib hutan. Mitos ini mulai beredar setelah konon ada dua orang pria yang mengalaminya. Saat harus melintasi hutan di malam hari keduanya yang habis berbelanja di pasar diteror oleh makhluk gaib dengan sosok mengerikan.

Mitos Patung Kayu di Kalimantan

Masih dari tanah Borneo, Kalimantan ada pula satu mitos angker yang mengerikan yaitu mitos mengenai patung kayu. Di daerah Kalimantan sejumlah daerah diketahui menghiasi halaman rumah mereka dengan patung kayu. Tapi ternyata patung tersebut bukan sekedar hiasan belaka melainkan sebuah simbol dari para keluarga yang telah meninggal. Patung tersebut tentu sebuah kehormatan bagi mereka dan jika ada yang berani mencelanya maka ia akan mengalami teror. Bukan dari keluarga tapi dari kekuatan gaib yang ada di dalamnya.

Mitos Melangkahi Pohon Bambu yang Menunduk

Mitos yang satu ini menjadi salah satu mitos Jawa yang masih dipercaya sampai sekarang. Mitosnya setiap orang dilarang keras untuk melangkahi sebuah pohon bambu yang menunduk saat magrib karena konon siapa saja yang melangkahinya baik itu segaja atau tidak maka dia akan diculik oleh makhluk gaib dan tidak dapat kembali. Mitos ini sudah sering dikisahkan kabarnya sudah banyak korban yang mengalaminya.

Ada yang berani membuktikan mitos tersebut?

LEAVE A REPLY