Sampai sekarang fenomena makhluk halus atau yang sering kita sebut hantu, setan dan lain sebagainya bisa disebut menjadi hal misterius yang tidak benar-benar dapat terpecahkan. Baik secara sains maupun dengan hasil penelitian ilmiah.

Merinding saat Berada Ditempat Angker oleh SegiEmpatDunia mistis selama ini memang sering berbenturan dengan nalar manusia, dan hal tersebutpun yang membuat semua hal-hal mistis jadi semakin menarik banyak perhatian. Di sisi lain para makhluk gaib pun seolah makin memperlihatkan eksistensinya.

Salah satu fenomena yang sering dikaitkan dengan hal mistis adalah fenomena bulu kuduk berdiri atau merinding. Saat merinding selama ini kita percaya jika fenomena tersebut menandakan jika ada sosok makhluk gaib yang sedang berada di dekat kita. Hal tersebut pun makin membuat kita percaya karena fenomena tersebut selalu terjadi saat kita berada di sebuah tempat yang disebut angker. Lantas apakah memang benar saat merinding di tempat angker ada hantu yang berada di dekat kita?
Bagi orang-orang yang percaya dengan hal-hal gaib mereka tentu akan membenarkanya. Tapi dari kacamata sains ini alasan yang membuat kita merinding.

Perubahan Suhu Lingkungan

Tempat-tempat yang dikatakan angker merupakan tempat yang tidak berpenghuni, ditinggalkan begitu saja bahkan dibiarkan hancur. Hal ini menjadi pemandangan yang biasa bagi tempat angker. Mungkin banyak orang yang tidak sadar jika semua hal tersebut membuat suhu yang berada di dalam ruangan berbeda bahkan bisa berubah secara tiba-tiba. Nah, sejumlah pakar mengatakan merinding terjadi karena tubuh diterpa perubahan suhu. Merinding merupakan reaksi alami tubuh untuk membuat tubuh tetap hangat.

Sentuhan dengan Medan Magnet

Bumi sebenarnya memiliki medan magnet yang berfungsi untuk melindungi bumi dari radiasi kosmis yang asalnya dari luar angkas. Ya bumi pada dasarnya memiliki medan magnet dan disejumlah tempat medan magnet pun dapat terbentuk dengan adanya singgungan pada medan elektrik. Nah, saat medan magnet terbentuk didekat kita semua panca indera kita jadi mengalami masalah dan hal inilah yang membuat kita jadi merinding hingga berhalusinasi dengan sosok-sosok aneh yang terbentuk dari panca indera. Setidaknya seperti itulah kata para pakar sains.

Reaksi dari Gelombang VLF

Gelombang VLF merupakan gelombang frekuensi yang sering kita temukan di radiao. Pada dasarnya gelombang ini merupakan sebuah frekuensi yang tidak bisa kita rasakan sebagai manusia. Tapi sebenarnya otak dan indera pendengaran kita yaitu infra sonik sangat sensitif dengan gelombang ini. Nah, saat otak bersinggungan langsung dengan gelombang ini maka akan membuat indera penglihatan, indera peraba jadi terganggu dan saat itu terjadi maka tubuh akan mulai berhalusinasi mendengarkan hal-hal aneh termasuk merinding.

Secara ilmiah hal tersebutlah yang membuat kita merinding, sama halnya seperti melihat hantu. Tapi itu tergantung Anda, mau percaya atau tidak.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY