Setiap daerah di Indonesia punya cerita tersendiri akan sosok hantu mengerikan. Sebut saja, parakang di Sulawesi Selatan, kuyang asal Kalimantan sampai dua hantu paling melegenda di Indonesia kuntilanak dan genderuwo yang melegenda di pulau Jawa.

Indonesia memang sangat kaya dengan berbagai hal berbau mistis, hal tersebut pun terjadi di tanah Papua yang dikenal dengan nama hantu Suanggi. Suanggi adalah sosok hantu yang sangat melegenda bagi masyarakat Papua. Bahkan masyarakat Papua sangat menakuti keberadaan hantu yang satu ini, pasalnya menurut legenda Suanggi tidak hanya mengerikan tapi juga mematikan.

Legenda Suanggi oleh SegiEmpatLegenda Suanggi

Apapun itu yang namanya jin tentu bisa menampakkan wujud seperti apapun yang ia maui. Begitulah hal yang menggambarkan hantu legendaris Suanggi. Masyarakat Papua percaya kalau hantu Suanggi bisa berbentuk seperti bola api tapi juga bisa berbentuk hantu wanita yang berwujud menyeramkan.

Suanggi adalah hantu yang sangat ditakuti masyarakat Papua, bahkan saking takutnya mereka bukan hanya tidak berani keluar rumah saat malam hari tapi mereka bahkan tidak berani bercerita banyak tentang suanggu. Hal tersebut ternyata tidak terlepas dari legenda yang selama ini beredar di masyarakat Papua. Konon jika suanggi diceritakan maka hantu tersebut akan tahu dan bisa mendatangi mereka yang sudah membicarakannya.

Hantu yang Bisa Diperintah

Legenda Suanggi oleh SegiEmpatMasyarakat Papua percaya kalau Suanggi merupakan hantu legendaris yang bisa diperintah oleh manusia. Namun hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang punya kekuatan. Konon mereka yang memelihara suanggi bisa memerintahkan suanggi membunuh, inilah yang biasanya berbentuk bola-bola api dan melayang-layang di atas rumah korbannya.

Suanggi Bisa Membunuh Manusia

Hantu suanggi bisa diperintah untuk melakukan kejahatan, karena itulah suanggi jadi sangat ditakuti oleh masyarakat Papua. Tapi sebenarnya ketakutan masyarakat Papua juga karena suanggi bisa membunuh orang tanpa diperintah sekalipun.

Legenda Suanggi oleh SegiEmpatMenurut legenda suanggi bisa melakukan cara apapun untuk membunuh korbannya. Tapi yang paling melegenda suanggi membunuh dua cara. Konon suanggi bisa membunuh dari jarak jauh dengan memakang daging korbannya secara gaib sampai korbannya meninggal yang dikira karena sakit. Tapi ada pula yang mengatakan kalau suanggi bisa menyerang manusia dan memakan dagingnya secara langsung.

Cerita dari mulut ke mulut konon hantu suanggi ini kabarnya hanya bisa menyerang orang Papua saja karena konon rasanya lebih nikmat. Sementara untuk orang pendatang hantu suanggi tidak bisa menyerang mereka. Namun apapun ceritanya hantu suanggi yang legendaris ini merupakan hantu yang paling ditakuti oleh masyarakat Papua. Mereka hanya bisa menerima keberadaannya tanpa bisa berbuat apa-apa karena konon hantu suanggi tidak ada penangkalnya.

Ada kalanya memang keberadaan hantu tidak dapat kita pungkiri, meski sains berulang kali membantah akan keberadaannya namun kadang eksistensi mereka membuktikan kalau mereka ada.

LEAVE A REPLY