Sebenarnya kita sudah tidak aneh mendengar sebuah legenda mistis, karena sejak lama masyarakat kita memang sudah kental dengan hal-hal mistis seperti itu. Bahkan hampir setiap daerah menyimpan berbagai legenda hal-hal gaib yang cukup dipercaya, seperti halnya legenda pulung gantung di Gunungkidul, Yogyakarta.

Pulung gantung merupakan salah satu legenda mistis yang sangat mengerikan bagi warga Gunungkidul. Pasalnya dipercaya jika legenda tersebut berkaitan dengan banyaknya orang bunuh diri di Gunungkidul.

Legenda dan Asal Usul Pulung Gantung

Legenda Pulung Gantung oleh SegiEmpatMenurut kisah yang banyak beredar, pulung gantung muncul seperti bola api yang terbang kesana-kemari. Bola api tersebut berwarna merah kekuningan dan memiliki ekor. Konon menurut legenda yang turun temurun dipercaya jika ada satu rumah warga yang di atasnya dikelilingi oleh bola api tersebut maka dipercaya jika salah satu penghuninya akan ada yang tewas bunuh diri. Hanya saja sampai sekarang tidak ada satupun warga yang bisa memastikan apakah bola api tersebut adalah makhluk gaib atau benda. Pasalnya konon bentuknya sangat menyerupai benda hidup karena penuh dengan api yang membara.

Legenda mistis ini menurut salah seorang sesepuh yang sekaligus merupakan salah satu juru kunci di Kompleks Pemakaman Raja-Raja Mataram, legenda Pulung Gantung berasal dari cerita kerajaan Majapahit. Menurutnya dahulu disaat Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Demak berseteru, ratusan pengikut setia Raja Brawijaya V melakukan bunuh diri di Gunungkidul. Hal tersebut mereka lakukan untuk mengikuti langkah sang Raja yang melakukan muksa. Namun lantaran belum cukup ilmu untuk melakukan muksa dan karena mereka sedih serta frustasi ditinggal oleh Rajanya, mereka memilih untuk bunuh diri massal demi bisa mengikuti sang Raja.

Sayangnya konon roh-roh dan arwah mereka tidak bisa bertemu dengan sang Raja, mereka pun ditolak oleh Sang Pencipta sehingga mereka yang bunuh diri dengan menggantung dirinya pun berubah wujud menjadi makhluk yang berbentuk bola api dengan tujuan untuk mengajak orang-orang melakukan bunuh diri agar dapat bertemu dengan sang Raja.

Kisah Pulung Gantung yang Masih Misterius sampai Sekarang

Legenda Pulung Gantung oleh SegiEmpatDari kisah tersebut kita mungkin sedikit mengerutkan dahi, apalagi umumnya kita tahu orang-orang yang bunuh diri itu karena mereka mengalami depresi lantaran ada satu masalah berat yang dia alami.

Namun tidak demikian bagi mayoritas warga Gunungkidul. Menurutnya memang untuk bunuh diri perlu ada satu alasan kuat, tapi alasannya itu adalah karena Pulung Gantung.

Ada sebuah kisah yang sangat dipercaya oleh warga Gunungkidul mengenai legenda mistis ini. Menurut kisahnya, ada seorang kakek tua yang mengalaminya. Beberapa hari sebelum meninggal warga dekat rumah melihat ada bola api yang berputar-putar di atas rumah sang kakek. Karena tidak ingin terjadi apa-apa warga setempat memutuskan untuk berjaga di malam hari, dan beberapa orang diminta langsung untuk menemani si kakek.

Hanya saja, entah karena memang takdir atau karena pengaruh pulung gantung si kakek akhirnya meninggal dunia dengan gantung diri. Sebelum meninggal si kakek sempat meminta warga yang menemaninya untuk mengambilkan sesuatu di luar rumah. Namun saat membawakan benda yang diminta ia justru sudah menemukan si kakek yang sudah meninggal dengan menggantung dirinya menggunakan sarung. Warga pun semakin percaya kalau itu pengaruh pulung gantung, pasalnya diketahui jika si kakek tidak bisa bangun apalagi berjalan dari tempat tidurnya. Namun pas ditemukan si kakek sudah menghembuskan nafas terakhirnya tepat di pintu kamarnya.

LEAVE A REPLY