Kota Yogyakarta memang pantas mendapat predikat sebagai daerah Istimewa di Indonesia, karena selain memiliki banyak keanekaragaman Yogyakarta juga menyimpan sejumlah kisah-kisah menarik untuk dibicarakan. Termasuk hal-hal yang berkaitan dengan mistis.

Kota yang menjadi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ini sendiri memang memiliki sejumlah tempat yang diangkerkan. Tapi selain berbagai tempat angker Yogyakarta yang sudah umum dikenal seperti Keraton Yogyakarta, Universitas Gajah Mada dan benteng Vredeburg kota Yogyakarta masih menyimpan sejumlah kisah mistis yang konon sudah sering dialami oleh masyarakat sekitar. Seperti apa kisah mistis di Yogyakarta yang tidak banyak terekspos? Berikut ulasannya.

Kisah Horor di Bioskop XXI

Bioskop XXI sekarang ini memang sudah menjadi salah satu tempat nongkrong para aak muda di Jogja, apalagi kalau bukan untuk nonton film-film kesukaan. Tapi ternyata bioskop ini juga pernah diselimuti kisah mistis yang mengerikan.

Kisah Mistis di Yogyakarta oleh SegiEmpatMenurut cerita, bioskop yang berdiri di tempat bioskop Regent yang sempat terbakar tahun 1999 lalu sempat beberapa kali “menyiksa” para penontonnya. Konon beberapa penonton pernah mencium bau daging terbakar yang menyengat dari dalam bioskop. Bahkan konon kadang juga aroma bau bangkai yang menyengat juga kadang muncul ditengah-tengah film. Hal tersebut terjadi setiap kali midnight dan hanya ditonton oleh 4 orang.

Kisah Mistis di Yogyakarta oleh SegiEmpatMenurut kisahnya, dulu waktu kebakaran 15 orang menjadi korban atas insiden tersebut, dan kabarnya sampai sekarang 4 orang korban tewas masih belum ditemukan.

Kisah Mistis Kandang Menjangan

Di bagian selatan Plengkung Gading, Yogyakarta ada satu bangunan kuno yang juga terkenal keangkerannya yaitu Kandang Menjangan.

Kisah Mistis di Yogyakarta oleh SegiEmpatMenurut kisahnya Kandang Menjangan ini 250 tahun lalu hanyalah sebuah hutan yang menjadi tempat berburu para kerabat Keraton. Namun suatu ketika sekitar tahun 1613, seorang kerabat Keraton tewas karena diseruduk kijang hewan buruannya. Sejak saat itu keluarga Keraton memutuskan untuk mendirikan benteng sebagai bentuk penghormatan sekaligus tempat berlindung saat berburu.

Konon sudah banyak saksi yang mengalami langsung kejadian mistis di bangunan tua ini. Salah satu kisah yang paling terkenal adalah dua pemuda yang melihat sosok hantu wanita berbaju putih bergelantungan di dalamnya.

Kisah Mistis di Yogyakarta oleh SegiEmpatMenurut cerita waktu itu dua pemuda yang merupakan mahasiswa pulang dari kampus dengan berboncengan. Waktu itu sudah sekitar pukul 1 lebih dini hari. Keduanya melintas tepat di depan Kandang Menjangan. Dari kejauhan saat berhenti di lampu merah yang dekat dengan Kandang Menjangan pemuda yang dibonceng mulai melihat bayangan aneh di dalam bangunan. Ia sempat bertanya pada temannya tapi justru diacuhkan, benar saja saat melintas tepat di depan bangunan dua pemuda ini dikejutkan dengan sosok hantu wanita berbaju putih dengan posisi gantung diri. Mengerikannya lagi hantu tersebut konon sengaja mengayunkan kaki dan kepalanya terus memandangi mereka yang melintas.

Kalau Anda sendiri punya kisah yang sama?

1 COMMENT

  1. Kandang menjangan jelas hoax, ga ada lampu merah deket situ, palinh deket perempatan Dongkelan, kecuali tu mahasiswa Clark Kent bisa liat kandang menjangan dari perempatan lampu merah Dongkelan

LEAVE A REPLY