Pendidikan merupakan salah satu hal penting untuk masa depan setiap orang, karena itu di tanah air kita diwajibkan untuk menjalani pendidikan selama 12 tahun lamanya. Pendidikan jadi jalan terbaik untuk setiap orang meraih kesuksesan dan karena pendidikan pula setiap orang punya kesempatan untuk membuat hidupnya jadi lebih baik.

Hanya saja seperti yang kita tahu, tidak semua orang bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Padahal di era sekarang ini tanda pendidikan yang cukup dan juga ijazah yang memadai setiap orang akan kesulitan mendapatkan pekerjaan. Seperti itulah peran pendidikan dalam hidup kita, lantas bagaimana bagi saudara-saudara kita yang bernasib beda dengan kita? Bagaimana nasib mereka yang tidak bisa mendapatkan pendidikan 12 tahun atau bahkan 9 tahun?

Sudah bukan rahasia lagi kalau tidak sedikit masyarakat dalam negeri yang tidak bisa merasakan pendidikan bahkan sampai ke anak cucu mereka. Sementara meski pemerintah sudah berusaha keras agar pendidikan bisa digratiskan bagi mereka yang benar-benar tidak mampu selalu saja ada kalangan tertentu yang memanfaatkannya untuk memperkaya diri. Hal ini tentu membuat saudara-saudara kita justru makin melarat dimana anak cucunya tidak punya kesempatan untuk hidup lebih baik dari mereka.

Namun meski begitu nyatanya karena usaha, semangat dan tekad yang tidak pernah luntur sejumlah orang yang hanya lulusan SD sukses meraih apa yang ia mimpikan. Bahkan melampaui sebagian besar kalangan di tanah air. Ya, mereka hanya lulusan Sekolah Dasar tapi mereka sukses membuat bangga Indonesia di mata dunia. Siapa saja? Berikut 5 orang yang bikin bangga Indonesia meski hanya lulusan SD.

Adam Malik

Orang yang Bikin Bangga Indonesia Meski Hanya Lulusan SD oleh SegiEmpatAdam Malik adalah salah satu pria yang menjadi tokoh bersejarah bagi Indonesia. Ia adalah salah satu pahlawan nasional yang ikut berperan penting untuk memerdekakan Indonesia dari tangan penjajah. Selepas merdeka Adam Malik pun sempat mendudukan beberapa jabatan penting, seperti ketua delegasi Indonesia dengan Belanda dalam proses pembahasan mengenai Irian Barat, Duta Besar, Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri bahkan Adam Malik juga sempat menjadi wakil Presiden RI.

Besarnya peran Adam Malik untuk Indonesia hingga jabatan tertinggi yang pernah ia catatkan, mungkin tidak banyak yang tahu jika pria yang sempat diduga agen CIA ini hanyalah pria yang mengenyam pendidikan sampai tingkat SD. Tapi meski begitu ia punya pengetahuan luas dengan berbagai pengalamannya.

Eka Tjipta Widjaja

Orang yang Bikin Bangga Indonesia Meski Hanya Lulusan SD oleh SegiEmpatBagi sebagian besar kalangan, sosok Eka Tjipta Widjaja sama sekali tidak terkenal bahkan mungkin tidak pernah ditahu. Jika dibandingkan dengan nama besar Abu Rizal Bakrie, nama Eka Tjipta Widjaja memang kalah tenar tapi jangan salah kalau berbicara mengenai bisnis dan kekayaan maka sosok pria ini adalah salah satu pelaku bisnis yang paling dihormati.

Tapi bukan karena kekayaannya apalagi karena ia keturunan Tionghoa, melainkan karena perjuangannya dalam membangun kerajaan bisnis bernama Sinarmas Grup. Eka Tjipta Widjaja hanyalah lulusan SD yang lahir di keluarga yang tidak mampu, bahkan karena kemiskinan Eka pun hanya bisa mengenyam pendidikan hingga SD karena orangtuanya tidak mampu membayar biaya sekolah. Tapi karena ia berusaha, berjuang dan bertekad untuk hidupnya ia kini tercatat sebagai salah satu dari 150 orang terkaya di dunia. Eka di masa mudanya memulai bisnis kecil-kecilan yang awalnya hanya dari rumah kerumah sampai ia sukses mendirikan 200 perusahaan dengan jutaan pekerja. Coba bandingkan dengan anak-anak muda sekarang yang tahunya hanya membuka mulut dan menunggu suapan dari orangtua, bahkan kebanyakan justru sibuk menghakimi orang tanpa sadar dengan dirinya sendiri miris bukan?

Andrie Wongso

Orang yang Bikin Bangga Indonesia Meski Hanya Lulusan SD oleh SegiEmpatDi tanah air sosok Mario Teguh memang merupakan motivator paling tenar apalagi jika dibandingkan dengan sosok Andrie Wongso. Tapi jangan salah sosok pria yang satu ini juga diberi gelar sebagai “the Best Motivator” meski ia tidak sampai mengenyam pendidikan hingga ke tingkat universitar seperti seniornya.

Andrie Wongso hanyalah pria yang berasal dari keluarga sederhana bahkan bisa dibilang 3S (sangat sangat sederhana) jangankan untuk membeli barang untuk makan sehari-hari ia dan keluarganya pun sudah bersyukur. Karena keterbatasan ekonomi Andrie pun terpaksa hanya sampai mengeyam pendidikan di tingkat SD setelah sekolahnya ditutup karena kehabisan biaya. Sehari-hari Andrie kecil yang masih berusia 11 tahun hanya membantu orangtuanya berjualan kue dari rumah ke rumah. Tapi dari situlah Andrie Wongso memiliki satu modal pengetahuan di dunia marketing. Memasuki usia remaja Andrie mulai hijrah ke Ibu Kota untuk mengadu nasib, berbagai profesi pun ia jalani, mulai dari buruh, sales sabun, penjaga toko hingga pemeran figuran. Tapi berkat kesukaannya membaca pengetahuan Andrie pun makin luas hingga kini ia menjadi motivator dan konsultan di berbagai lembaga pemerintahan hingga swasta.

Basrizal Koto

Orang yang Bikin Bangga Indonesia Meski Hanya Lulusan SD oleh SegiEmpatBanyak orang yang mungkin menilai jika seorang petani sebenarnya punya kehidupan yang layak. Tentu saja kalau ia punya lahan sampai puluhan hektar tapi kalau ia hanya seorang buruh tani yang bekerja disaat musim panen tiba maka kehidupannya jauh dari kata layak.

Seperti itulah awal kehidupan pria asal Kampung Ladang, Pariaman, Sumatera Utara bernama Basrizal Koto. Di masa kecilnya yang mana mungkin anak-anak seusianya sibuk bermain Basko sapaan akrabnya justru sudah mulai berjuan dengan semua kegetiran dalam hidupnya. Keluarganya yang bekerja sebagai buruh tani hanya mendapatkan penghasilan seadanya, kalau mereka bisa makan dalam satu hari mereka pun sudah sangat bersyukur. Begitu pula dengan pendidikannya, jangankan lulus SD Basko hanya mampu sampai kelas 5 SD. Tapi karena tekad, usaha dan semangatnya yang tidak pernah hilang serta kejujurannya Basko sukses mengubah hidupnya. Dimulai dari berdagang pete dari hasil perkebunan orang, Basko yang jujur, ulet dan bisa menepati janji mulai berkembang sampai akhirnya ia sukses membeli kebun dan menjual hasil kebun sendiri. Bahkan sampai sekarang Basko sudah mendirikan 15 perusahaan diberbagai bidang mulai dari tambang sampai penyedia internet.

Liliyana Natsir

Orang yang Bikin Bangga Indonesia Meski Hanya Lulusan SD oleh SegiEmpatSosok yang satu ini memang bukanlah seorang pebisnis ataupun seorang motivator seperti 4 tokoh sebelumnya. Tapi ia juga merupakan warga Indonesia yang sukses membuat bangga tanah air tercinta di mata dunia.

Liliyana Natsir adalah seorang atlet bulutangkis yang baru saja mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di ajang Olimpiade. Liliyana sebenarnya tidak berasal dari keluarga yang tidak mampu bahkan boleh dibilang keluarganya serba kecukupan. Namun setelah lulus SD Liliyana justru dihadapkan dengan pilihan yang sulit antara melanjutkan pendidikan ke tingkat SMP atau fokus mengasah bakatnya di cabang olahraga bulutangkis atau badminton. Tapi karena bakat dan hobi akhirnya ia memilih untuk meninggalkan pendidikan. Jangan salah meski hanya lulusan SD wanita yang akrab disapa butet ini sukses membuat bangga Indonesia meski harus mengalami berbagai masa sulit tapi karena tekad dan usahanya yang tidak pernah hilang kini ia pun menjadi salah satu atlet yang membanggakan dengan penghasilan yang tidak kalah tentunya.

LEAVE A REPLY