Home » Aneh & Unik » Ilmu Pengetahuan » Jenis-Jenis Ular Berbisa di Indonesia

Jenis-Jenis Ular Berbisa di Indonesia


Hewan melata satu ini bisa jadi menjadi salah satu hewan yang paling ditakuti karena racunnya yang sangat berbahaya. Pada habitat aslinya, bisa (racun) dari ular digunakan untuk melumpuhkan mangsanya sebelum kemudian ditelan.

Ular memiliki taring yang mirip dengan jarum suntik, namun sangat tajam. Taring inilah yang kemudian digunakan untuk menyuntikkan racun langsung ke pembuluh darah mangsanya. Kebanyakan racun dari ular akan menyerang pernafasan dan sistem saraf sehingga menyebabkan korbannya menjadi lumpuh dan kehilangan nyawa.

Berikut adalah daftar ular berbisa yang ada di Indonesia :

King Cobra

Jenis Jenis Ular Berbisa di Indonesia oleh SegiEmpat

King Cobra (Ophiopagus Hannah) memiliki ukuran 2 – 5,5 meter saat dewasa. Habitat asli hewan ini adalah dataran rendah, hutan tropis dan padang rumput hingga ketinggian 1800 meter dpl. Anda bisa menemukan ular jenis ini di pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.

Ular ini memiliki racun jenis Postsynaptic Neurotoxins. Jika tergigit, korbannya akan mengalami mual, muntah, sakit kepala, pendarahan, pusing atau vertigo, pingsan, hingga kehilangan nyawa.

Cobra Jawa

Jenis Jenis Ular Berbisa di Indonesia oleh SegiEmpat

Cobra Jawa (Naja sputatrix) memiliki ukuran 1,3 – 1,85 meter saat dewasa. Habitat asli hewan ini adalah sawah, padang rumput terbukan, sungai dan hutan tropis. Sesuai dengan namanya, Anda hanya bisa menemukan ular jenis ini di pulau Jawa.

Ular ini memiliki jenis racun yang sama dengan King Cobra, yaitu Postsynaptic neurotoxins. Jika tergigit, korbannya akan mengalami memar, sakti, bengkak, necrosis dan pembusukan.

Weling

Jenis Jenis Ular Berbisa di Indonesia oleh SegiEmpat

Weling (Bungarus Candidus) memiliki ukuran 0,8 – 1,6 meter saat dewasa. Habitat asli hewan ini adalah sawah, dataran rendah dan perbukitan hingga ketinggian 1600 meter dpl. Anda bisa menemukan ular jenis ini di pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Bali.

Ular ini memiliki jenis racun Neurotoxin. Jika tergigit, korbannya akan mengalami mual, muntah, sakit perut, sakit kepala, vertigo atau pusing, pendarahan dan pingsan.

Welang

Jenis Jenis Ular Berbisa di Indonesia oleh SegiEmpat

Welang (Bungarus Fasciatus) memiliki ukuran 1,1 – 2,13 meter saat dewasa. Habitat asli hewan ini adala persawahan, sekitar pemukiman penduduk, hutan bakau atau perkebunan karet. Anda bisa menemukan ular jenis ini pada pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Ular ini memiliki jenis racun Neurotoxin. Jika tergigit, korbannya  akan mengalami mual, muntah, sakit perut, sakit kepala, vertigo, pingsan, pendarahan, bahkan lumpuh.

Tentang S. Gelmani Rabiah

Seorang wanita yang senang membaca, traveling dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menunggu untuk dipecahkan. Suka main game dan segala sesuatu yang baru. Meskipun terlihat cuek tapi sebenarnya penyayang. Anda dapat membaca profil selengkapnya disini

Berikan Komentar Anda: