Dokter adalah sebuah profesi yang mulia hanya saja di kalangan masyarakat tanah air dokter kadang punya image yang selalu berhasil bikin banyak orang sakti hati. Bagaimana tidak seorang dokter selalu melekat dengan hidup yang mewah dan mapan, bahkan para dokter selalu mendapatkan penghasilan yang ekstra dibanding profesi lainnya.

Fakta Dibalik Gelar Dokter oleh SegiEmpatSemua hal itu memang menjadi penilaian yang umum bagi sebagian besar kalangan, padahal faktanya dibalik semua kenyamanan yang diperoleh oleh seorang dokter ada perjuangan berat yang tidak semua orang bisa melaluinya. Seperti apa? berikut 4 fakta dibalik gelar dokter.

Kuliah di Kedokteran Harus Cerdas

Diantara jutaan mahasiswa jurusan kedokteran pastinya merupakan jurusan paling favorit, tapi meski begitu setiap tahunnya hanya beberapa orang saja yang bisa lulus. Bukan hanya karena “untung-untungan” tapi menjadi mahasiswa kedokteran memang punya tuntutan yang tinggi.

Pertama yang paling mutlak pastinya kecerdasan, seorang dokter dituntut untuk bisa menghafal semua jenis penyakit, gejala serta pengobatannya. Bukan hanya mengenai pelajaran biologi tapi mencakup banyak hal, mulai dari teknik, matematika sampai bahasa asing.

Tidak Ada Hari Tanpa Belajar

Bagi seorang mahasiswa kedokteran ujian ibarat perjuangan hidup mati bukan hanya karena ingin mendapatkan nilai terbaik tapi faktanya setiap pertanyaan memang punya tingkat kesulitan tinggi. Jika tidak dipahami, dihafal dan dikuasai dengan baik maka masa depan mereka dipertanyakan. Karena itu mahasiswa kedokteran selalu menjalani hari-harinya dengan buku, diskusi, buku dan lembar ujian. Berbeda dengan para mahasiswa pada umumnya yang masih punya kesempatan bergaul.

Untuk Gelar Dokter Biayanya Seharga Satu Rumah Mewah

Soal biaya sudah jelas ketimpangannya, tidak hanya dari biaya masuk tapi juga biaya semasa kuliah seperti SPP. Belum lagi untuk urusan buku, tidak hanya mahal tapi juga jarang bisa didapatkan.

Sudah bukan rahasia lagi kalau biaya masuk kuliah kedokteran mulai dari puluhan juta sampai ratusan juta. Kalau mau dihitung-hitung biayanya cukup untuk membeli sebuah rumah mewah bahkan lengkap dengan fasilitas sampai kendaraan pribadi.

Harus Bermental “Baja”

Nah, yang paling sulit dan paling berat dibalik gelar dokter adalah masalah mental. Setiap dokter dituntut untuk punya mental baja bukan hanya karena tanggung jawabnya yang besar untuk masyarakat tapi sejak kuliah para mahasiswa kedokteran juga selalu dekat dengan kegagalan. Mungkin bukan gagal jadi dokter tapi gagal saat ujian, belum lagi saat praktek anatomi tubuh.

Faktanya para mahasiswa kedokteran bukan lagi mempelajari tubuh manusia melalui patung atau bahkan internet tapi dari tubuh manusia langsung. Termasuk pula saat magang dimana setiap mahasiswa kedokteran dituntut untuk bisa menerima setiap situasi bukan hanya melihat langsung proses pembedahan tapi juga harus siap jika memang ditugaskan untuk menjaga kamar mayat.

Apakah setiap orang bisa menjalaninya?

LEAVE A REPLY