Makanan dan obat-obatan merupakan hal yang selama ini sudah kita tahu punya batas waktu kadaluarsa. Ambil contoh makanan, saat sudah mengeluarkan aroma busuk atau terasa kecut kita pastinya tahu jika makanan tersebut sudah basi, kadaluarsa dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Tapi apakah Anda tahu kalau beberapa benda yang sering kita gunakan juga punya waktu kadaluarsa? Berikut 10 benda yang tidak disadari punya waktu kadaluarsa tapi sering kita pakai.

Bra

Benda yang Tidak Disadari Punya Waktu Kadaluarsa oleh SegiEmpatBra adalah salah satu benda yang paling penting bagi wanita, tapi sayangnya tidak banyak wanita yang sadar kalau bra juga punya batas kadaluarsa meski memang cukup lama. Menurut hasil penelitia jangka waktu 1 sampai 2 tahun adalah batas waktu kadaluarsanya, jik bra sudah kehilangan elastisitas dan bentuknya maka itulah saatnya mengganti dengan bra yang baru.

Bantal

Benda yang Tidak Disadari Punya Waktu Kadaluarsa oleh SegiEmpatBenda yang selalu ada saat tidur ini juga punya batas kadaluarsa. Jika bantal tidak segera diganti sekitar 2 sampai 3 tahun maka bukan hanya bisa menyakiti leher karena bentuknya sudah berantakan, debu-debu kecil arakhnida yang ada pada bantal bisa memakan sel kulit.

Sikat Gigi

Benda yang Tidak Disadari Punya Waktu Kadaluarsa oleh SegiEmpatSikat gigi dianjurkan supaya bisa diganti setiap 3 bulan tapi umumnya banyak orang yang masih bertahan karena bentuknya masih baik. Tapi ternyata 3 bulan tersebut memang menjadi batas waktu kadaluarsa sikat gigi, jika tidak diganti sikat gigi yang sudah kadaluarsa bisa memicu flu dan demam.

Sisir Rambut

Benda yang Tidak Disadari Punya Waktu Kadaluarsa oleh SegiEmpatBelum ada aturan baku mengenai batas waktu kadaluarsa yang tepat. Tapi menurut peneliti jika sisir sudah dipakai 6 sampai 1 tahun sudah saatnya diganti. Begitu juga jika 10 persen sikatnya sudah hilang.

Sandal

Benda yang Tidak Disadari Punya Waktu Kadaluarsa oleh SegiEmpatBenda yang satu ini pasti sering Anda pakai bukan? Tapi berapa lama Anda memakainya? Mungkin bertahun-tahun. Jika ya sebaiknya mulai sekarang Anda mulai memperhatikan sandal Anda karena sandal yang Anda gunakan punya batas waktu hanya sampai 6 bulan. Jika lebih maka Anda berisiko terjangkit infeksi jamur pada kaki.

Handuk

Benda yang Tidak Disadari Punya Waktu Kadaluarsa oleh SegiEmpatHanduk juga termasuk benda yang punya waktu kadaluarsa. Harus Anda pahami jika handuk yang basah merupakan sarang bakteri yang meski dicuci teratur tidak dapat mengehentikan kembang biak jamur dan bakteri. Untuk itu jika handuk Anda sudah berusia 1 tahun maka sebaiknya ganti dengan handuk yang baru.

Spons Cuci Piring

Benda yang Tidak Disadari Punya Waktu Kadaluarsa oleh SegiEmpatSpons cuci piring merupakan benda yang punya batas waktu kadaluarsa paling singkat, yaitu paling lama 2 minggu. Begitu juga pada spons mandi Anda yang hanya bisa bertahan paling lama 1 bulan.

Disinfektan

Benda yang Tidak Disadari Punya Waktu Kadaluarsa oleh SegiEmpatDisinfektan merupakan produk pembersih bakteri tapi punya batas kadaluarsa yaitu selama 3 bulan, lebih dari itu meski pun Anda membelinya baru disinfektan tidak akan berguna sama sekali.

Semprot Nyamuk

Benda yang Tidak Disadari Punya Waktu Kadaluarsa oleh SegiEmpatNah, jika Anda sering membeli benda yang satu ini sebaiknya Anda bisa cari tahu kapan produknya dibuat. Karena semprot nyamuk punya batas waktu selama 2 tahun lebih dari itu efeknya tidak akan bekerja dan Anda pun jadi target serangan nyamuk.

Kabel

Benda yang Tidak Disadari Punya Waktu Kadaluarsa oleh SegiEmpatBenda yang terakhir ini juga nyaris tidak disadari, kabel atau power strips juga punya batas waktu kadaluarsa yaitu 1 sampai 2 tahun. Lebih dari itu maka kualitas kabel akan berkurang bahkan memburuk hingga dapat berujung dengan masalah kelistrikan. Untuk itu pastikan Anda mengganti kabel sambungan jika sudah berusia 2 tahun.

LEAVE A REPLY