Semua orang tahu kalau DPR itu kepanjangannya Dewan Perwakilan Rakyat, dimana tugas utamanya adalah mewakili semua kepentingan plus harapan Rakyat kepada pemerintah. Seperti kata bang Iwan Fals dalam lagunya.

Tapi kalau dilihat pada kenyataannya sekarang ini, sudah bukan rahasia lagi kalau kata Wakil Rakyat justru hanyalah kiasan semata. Karena dikala mereka sudah bekerja yang mereka wakili hanyalah diri sendiri dan kelompoknya. Memang sih tidak semua tapi apakah kita yakin kalau semuanya anggota dewan kita yang terhormat benar-benar membela kepentingan rakyat?

Tapi seperti itulah bedanya Anggota DPR Indonesia dengan Negara lain, seperti yang sebenarnya tak lagi harus saya jelaskan seperti berikut ini.

Tidak Ada Istilah Liburan Keluarga

Setiap anggota Dewan punya tugas dan peran masing-masing dan untuk memperlancar tugasnya Negara pun sudah menyiapkan anggaran dana khusus. Bedanya di luar negeri anggaran dana yang digelontorkan sudah diperhitungkan dengan seksama dan semuanya untuk kepentingan rakyat.

Tapi kalau di tanah air ya Anda sudah tahu sendirilah bagaimana. Sudah bukan rahasia lagi kalau gelontoran dana seperti sengaja untuk dibuat lebih agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya oleh para dewan terhormat tanah air. Namun maksud dipergunakan sebagaimana mestinya itu justru ya kalau mesti liburan sekeluarga ya dipakai untuk keluarga.

Bedanya Anggota DPR Indonesia dengan Negara Lain oleh SegiEmpatDi luar negeri tidak ada istilah liburan keluarga, setiap anggota dewan yang berkunjung keluar negeri seperti haram untuk menyempatkan waktu ke tempat wisata apalagi belanja dengan uang rakyat. Kalau di tanah air sih, ahh sudahlah toh sudah banyak yang terlihat juga kan.

Anggota Dewan di Luar Negeri Semuanya Berstamina

Bedanya Anggota DPR Indonesia dengan Negara Lain oleh SegiEmpatBagi anggoda dewan di luar negeri, waktu rapat adalah waktu-waktu genting. Karena itu sudah jauh-jauh hari mereka melakukan persiapan. Bukan hanya materi yang dirapatkan tapi juga stamina mereka. Kalau perlu mereka pun sampai harus bermalam di ruang rapat. Sementara kalau di tanah air?

Bedanya Anggota DPR Indonesia dengan Negara Lain oleh SegiEmpatPemandangan seperti gambar di atas sudah bukan lagi hal yang aneh. Bahkan faktanya ada yang sibuk bermain game sampai ada kasus seorang anggota dewan yang tertangkap kamera wartawan sedang menonton video dewasa! Yang jadi pertanyaannya, apa ya rahasianya sampai anggota dewan di luar negeri itu punya stamina yang prima? Kalau dipikir faktor usia sih gak juga, toh anggota dewan di Indonesia pun banyak yang muda-muda. Apa karena saking gak pentingnya rapat itu jadi mereka lebih memilih tidur? Kan udah ada istilah lobi-lobi.

100 Persen untuk Rakyat

Salah satu tugas utama anggota Dewan yang terhormat adalah untuk menelurkan semua kebijakan sampai aturan bahkan UU yang berpihak pada kepentingan rakyat. Salah satu contoh di Amerika sana, di kala pengangkatan Donald Trump para anggota dewan yang berseberangan sampai memboikot karena protes keras dari rakyat yang takut akan adanya diskriminasi kalau Trump jadi Presiden. Mereka bahkan mendesak untuk dikeluarkannya peraturan pengendalian senjata berbahaya.

Bedanya Anggota DPR Indonesia dengan Negara Lain oleh SegiEmpatSedangkan di Indonesia, bukannya menelurkan aturan untuk membela kepentingan rakyat mereka justru ramai-ramai membela “kenyamanan” mereka sendiri. Mulai dari pengadaan mobil dinas baru, rumah dinas baru, revisi uang makan seperti yang sudah saya sebutkan di artikel 5 permintaan dewan rakyat paling memalukan sebelumnya, sampai berusaha mati-matian untuk melakukan revisi UU KPK. Kita tahu KPK selama ini getol memberantas korupsi di tanah air yang sudah jadi penyakit kronis, bukannya mengasih obat anggota dewan kita seolah berusaha untuk memperkuat penyakitnya.

Kalau Korupsi? Mending Bunuh Diri

Bedanya Anggota DPR Indonesia dengan Negara Lain oleh SegiEmpatKalau di Indonesia antara seorang koruptor dengan artis itu sebenarnya Cuma beda di baju saja. Mereka yang tertangkap KPK akan memakai baju orange sementara artis bebas memakai apa saja, kalau tampil di depan umum mereka tak pernah lupa untuk melempar senyuman dan canda tawanya. Seolah kasus korupsi yang mereka lakukan hanyalah sekedar “pindah rumah” itu pun untuk sementara waktu.

Bedanya Anggota DPR Indonesia dengan Negara Lain oleh SegiEmpatSedangkan di luar negeri, jangankan tersenyum mereka bahkan memilih untuk mundur dan bunuh diri. Seperti yang dilakukan oleh seorang Anggota Dewan di Jepang.

Namun ya seperti itulah hingar bingar di tanah air tercinta, yang akan terus kita cintai meski pada akhirnya tak pernah mengalami perkembangan lantaran sarat akan kepentingan pribadi dan kelompok.

LEAVE A REPLY